LITERASI MATEMATIS BUDAYA BUMI REYOG DALAM PRESPEKTIF ETNOMATEMATIKA
MATHEMATICAL LITERACY OF BUMI REYOG CULTURE IN ETHNOMATHEMATICS PERSPECTIVE
Hasil studi PISA 2018 menyatakan bahwa tingkat literasi matematis siswa di Indonesia masih sangat rendah. Pembelajaran matematika yang dihubungkan dengan budaya merupakan suatu cara untuk meningkatkan literasi matematis siswa. Suatu pendekatan yang menghubungkan antara budaya, matematika, dan pendidikan yaitu etnomatematika. Bumi Reyog merupakan sebutan dari Kabupaten Ponorogo dan budaya yang masih ada pada Bumi Reyog yaitu sistem kesenian dan sistem pengetahuan. Salah satu kesenian Bumi Reyog yaitu Reyog Ponorogo yang diiringi oleh alat musik atau dapat disebut dengan gamelan. Sedangkan sistem pengetahuan masyarakat Bumi Reyog yaitu masih mempercayai adanya hari-hari baik (hari baik untuk menanam, memetik, membuat kandang ternak, menikah, membuat rumah, dan sunat) dan penggunaan satuan tidak baku dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika pada alat musik kesenian Reyog Ponorogo dan sistem pengetahuan masyarakat Bumi Reyog, serta literasi matematis budaya Bumi Reyog dalam prespektif etnomatematika. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilakukan di salah satu pengrajin alat musik kesenian Reyog Ponorogo tepatnya di Jl Raya Ponorogo-Solo, Desa Carat, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo. Selain itu, penelitian juga dilakukan di Desa Bekiring, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan adanya konsep matematika pada alat musik Reyog Ponorogo dan sistem pengetahuan masyarakat Bumi Reyog yaitu konsep geometri (lingkaran, kerucut terpancung, trapesium, tabung, dan elips), transformasi (refleksi dan translasi), barisan geometri, bilangan (modulo), dan perhitungan. Dengan demikian budaya Bumi Reyog dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran guna meningkatkan literasi matematis siswa.
Kata kunci: etnomatematika; literasi matematis; budaya; bumi reyog
The 2018 PISA study results state that the level of mathematical literacy of students in Indonesia is still low. Mathematics learning that is linked to culture is a way to improve students' mathematical literacy. An approach that connects culture, mathematics, and education is ethnomathematics. Bumi Reyog is the art of Ponorogo Regency and the cultures that still remain in Bumi Reyog are the art system and knowledge system. One of the Bumi Reyog arts is Reyog Ponorogo, accompanied by a musical instrument called a gamelan. Meanwhile, the Bumi Reyog people's knowledge system is that they still believe in good days (planting, picking, making cattle sheds, getting married, building houses, and circumcising) and the use of non-standard units in everyday life. The present study describes the Reyog Ponorogo musical instrument's ethnomathematics and the Bumi Reyog community knowledge system. It also describes the Bumi Reyog culture's mathematical literacy from an ethnomathematics perspective. The present study used qualitative research with an ethnographic approach. This study was conducted in the one of the craftsmen of the reyog ponorogo musical instrument. It is on Jl Raya Ponorogo-Solo, Carat Village, Kauman, Ponorogo. In addeition, this study was also conducted in Bekiring village, Pulung, Ponorogo. The results reveal that there are mathematical concepts on Reyog Ponorogo musical instruments and the Bumi Reyog community knowledge system, such as the concepts of geometry (circle, truncated cone, trapezoid, tube, and ellipse), transformation (reflection and translation), geometric sequences, numbers (modulo), and calculation. Therefore the Bumi Reyog culture can be used as an alternative for learning to improve and increase students' mathematical literacy.
Keywords: ethnomatematics; mathematical literacy; culture; reyog city