Artificial Intelligent (AI) menjadi topik hangat dalam dunia pendidikan. Mengingat sejauh ini masih sedikit penelitian yang mengeksplorasi kemampuan pendidik dalam integrasi alat berbasis AI secara etis dan pedagogis di Pendidikan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Intelligent-TPACK (Technological Pedagogical Content Knowlegde with AI) pada dosen FEB Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan 112 dosen FEB UNESA sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang diadaptasi dari skala Intelligent-TPACK. Analisis data dilakukan dengan menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi Intelligent-TPACK pada dosen FEB UNESA, diantaranya Intelligent-TK (pengetahuan dosen tentang alat dan sistem AI), Intelligent-TPK (pemahaman dosen tentang peran pedagogi alat AI), Intelligent-TCK (pengetahuan dosen tentang penggunaan alat AI dalam bidang pengajarannya), etika (penilaian dosen terhadap aspek etika dalam penggunaan alat AI), dan Intelligent-TPACK (pengetahuan dan keterampilan dosen dalam mengintegrasikan AI secara pedagogis dan etis dalam pengajaran). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Intelligent-TK memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Intelligent-TPK, Intelligent-TCK, dan Etika. Intelligent-TPK dan Intelligent-TCK sama-sama berkontribusi positif dan signifikan terhadap Intelligent-TPACK serta penilaian Etika memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Intelligent-TPK, Intelligent-TCK, dan Intelligent-TPACK pada dosen FEB Universitas Negeri Surabaya.
Kata kunci: Artificial Intelligence (AI); Intelligent-TPACK; Dosen; PLS-SEM
Artificial Intelligence (AI) is a hot topic in education. So far, more research is still needed to explore the ability of educators to integrate AI-based tools ethically and pedagogically in higher education. This research analyzes the factors influencing Intelligent-TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge with AI) in FEB lecturers at Surabaya State University. This research used a quantitative descriptive approach with 112 FEB UNESA lecturers as respondents. Data was collected through a questionnaire adapted from the Intelligent-TPACK scale. Data analysis was carried out using PLS-SEM. The research results show that five factors influence Intelligent-TPACK in FEB UNESA lecturers, including Intelligent-TK (lecturer's knowledge of AI tools and systems), Intelligent-TPK (lecturer's understanding of the pedagogical role of AI tools), Intelligent-TCK (lecturer's knowledge regarding the use of AI tools in their teaching field), ethics (lecturers' assessment of ethical aspects in using AI tools), and Intelligent-TPACK (lecturers' knowledge and skills in integrating AI pedagogically and ethically in teaching). The findings of this research show that Intelligent-TK has a positive and significant influence on Intelligent-TPK, Intelligent-TCK, and Ethics. Intelligent-TPK and Intelligent-TCK both make positive and significant contributions to Intelligent-TPACK, and Ethics assessments have a positive and significant influence on Intelligent-TPK, Intelligent-TCK, and Intelligent-TPACK for FEB lecturers at State University of Surabaya.
Keyword: Artificial Intelligence (AI); Intelligent-TPACK; Lecturer; PLS-SEM