Kepercayaan diri dimiliki oleh semua orang, kepercayaan diri sangat dibutuhkan oleh anak dalam pembelajaran sehingga dapat memotivasi anak untuk meraih prestasi dalam belajar. Bila seorang anak memiliki rasa kepercayaan diri yang kuat maka anak tersebut akan terhadap kemampuan diri sehingga akan menggali potensi diri untuk dapat dihargai, tidak hanya oleh dirinya tetapi juga oleh orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran seberapa besar kepercayaan diri anak karena rasa percaya diri perlu terus didukung dan dikembangkan agar anak dapat menemukan jati dirinya. Jika tidak, anak yang kurang percaya diri akan semakin terkucil dan diasingkan. Kepercayaan diri pada anak dilatarbelakangi dengan pola asuh yang digunakan dimana dengan menggunakan pola asuh demokratis anak lebih percaya diri dalam melakukan suatu kegiatan. Penelitian ini menggunakan penelitian penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik observasi digunakan untuk melihat kepercayaan diri anak, wawancara digunakan untuk mendapatkan keterangan langsung tentang bagaimana kepercayaan diri anak sehari-hari dan dokumentasi untuk mendapatkan bukti-bukti yang jelas tentang kepercayaan diri anak. Dengan subyek penelitian anak kelompok A di TK Pelita Permai Sambikereb Surabaya yang berjumlah 2 orang anak yang belum memiliki kepercayaan diri dari 27 anak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dalam meningkatkan kepercayaan diri anak di TK Pelita Permai Sambikereb Surabaya adalah memberikan motivasi kepada anak, memberikan apresiasi kepada anak, mengajak anak untuk berkomunikasi dan memberikan tanggung jawab kepada anak yang memiliki kepercayaan diri yang rendah. Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kepercayaan diri anak adalah kesulitan mengajak berkomunikasi anak yang memiliki kepercayaan diri yang rendah, anak masih malu-malu, belum bisa mewarnai, anak kurang percaya diri dalam menghubungkan gambar.
Kata Kunci : Kepercayaan diri, kelompok A
Self-confidence is owned by everyone, self-confidence is needed by children in learning so that it can motivate children to achievement in learning. If a child has a strong sense of self confidence, the child will be able to self-abilities so that they will explore their potential to be valued, not only by themselves but also by other. The study to describe how much confidence a child has because self-confidence needs to continuously supported and developed so that children can find their true identity. If not, children who lack confidence will be increasingly isolated and alienated. Confidence in children is motivated by parenting used where by using democratic parenting children are more confident in carrying out an activity. This study uses qualitatitve research. The technique of collecting data uses observation, interviews, documentation, with research subjects of group A children in Pelita Permai Kindegarten Saambikereb Surabaya, wich amounting to 2 children who did not yet have the confidence of 27 children. Based on the results of the study, it was shown that in increasing children’s confidence in TK Pelita Permai Sambi Kereb Surabaya is to provide motivation to children, give appreciation to children, invite children to communicate and give responsibility to children who have low self-confidence. The obstacle faced by teachers in increasing children’s self-confidence is the difficulty of communicating with children who have low self-confidence.
Keywords: Child self-confidence, Group A