Saat ini dunia menjadi semakin modern dan serba digital, bahasa Inggris dipandang sebagai bahasa yang paling banyak digunakan dalam dunia internasional. Para siswa EFL perlu meningkatkan pengetahuan mereka dalam belajar bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris sebagai bahasa internasional memiliki peran penting dalam berbagai tingkat Pendidikan di dunia terutama di Indonesia, sebagaimana dinyatakan dalam kurikulum Indonesia salah satu tujuan pembelajaran bahasa Inggris adalah memahami dan menghasilkan pidato atau teks tertulis yang diwujudkan dalam empat keterampilan yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Di antara keempat keterampilan itu, membaca masih sulit untuk dibiasakan dalam proses belajar mengajar. Guru membutuhkan teknik yang menarik untuk membantu kesulitan siswa dalam keterampilan membaca dan melibatkan perhatian dan minat siswa. Teknik yang digunakan guru untuk menunjang kemampuan siswa bisa dalam bentuk media. Dengan menggunakan media dalam proses belajar mengajar sangat penting, seperti penggunaan media digital untuk memotivasi siswa membaca cerita dari komik webtoon yang terkait dengan pemahaman bacaan untuk teks naratif.
Dalam hal ini, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penerapan penggunaan komik webtoon untuk mengajar membaca teks naratif, pemahaman siswa dalam membaca, dan respon siswa terhadap penggunaan media komik webtoon. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai metode pengumpulan data. Oleh karena itu, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah catatan selama obeservasi, tugas siswa dalam membaca teks dan wawancara. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan melakukan observasi selama proses belajar mengajar. Catatan observasi digunakan untuk menggambarkan implementasi penggunaan komik webtoon sebagai media. Tugas siswa digunakan untuk mengetahui pemahaman membaca siswa dan wawancara digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap Webtoon Comic.
Berdasarkan data penelitian, hasil menunjukkan bahwa proses pengunaan komik webtoon untuk mengajar membaca teks naratif berhasil dilaksanakan dan membantu minat siswa dalam membaca teks naratif. Tugas siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dapat memahami teks dengan mudah dan respon siswa menunjukkan bahwa mereka tertarik untuk belajar membaca teks naratif dengan menggunakan media digital seperti komik webtoon. Dapat disimpulkan bahwa media ini dapat digunakan dalam proses belajar mengajar untuk siswa Sekolah Menengah Pertama.
Nowadays the world turns out to be progressively digital and modern, English is viewed as the most used in the language of the world. The EFL students need to increase their knowledge in learning English. Learning English as an international language has a great importance in different levels of education especially in Indonesia, as stated in Indonesian curriculum one of the English learning objectives is understanding and producing speech or written texts which are realized in four skills namely listening, speaking, reading, and writing. Among the four skills, reading is still hard to be accustomed in the teaching learning process. The teacher needs an engaging technique to help the student’ difficulty in reading skill and involve students’ attention and interest. The technique that teacher use to engage can be formed as media. By using media in teaching learning process is very important such as the use of digital media for motivating students i.e. reading story from webtoon comic which is related to reading comprehension for narrative text.
In this case, this study aimed to describe how the implementation of using webtoon comic to teach reading narrative text, the students reading’ comprehension, and the students’ response toward the media. This study using descriptive qualitative design as a method for collecting the data. Therefore, the instruments used to collect the data were field notes, students’ task and interview guide. The data were collected and analyzed by doing observation during teaching learning process. Field notes were used to describe the implementation of using webtoon comic as the media. The students’ task was used to know the students’ reading comprehension and the interview was used to know the students’ response toward Webtoon Comic.
Based on the data, the result showed that the process of using Webtoon Comic to teach reading narrative text was successfully implemented and had the students interest in reading narrative text. The students’ task showed that most of the students could comprehend the text easily and the response of the students showed that they were interested to learn reading narrative text by using digital media such as Webtoon Comic. It could be concluded that this media could be used in teaching learning process for junior high school students.