Pengaruh Strategi Inquiring Minds Want To Know Terhadap Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X SMA
The Effect Of Inquiring Minds Want To Know Strategy On The Learning Outcomes Of History Class X High School Students
Pembelajaran sejarah terkenal dengan pembelajaran yang masih menggunakan strategi pembelajaran konvensional, peserta didik cepat merasa bosan dengan pembelajaran sejarah dan tidak aktif saat pembelajaran sejarah. Sehingga hal ini dapat diatasi dengan Strategi Inquiring Minds Want to Know merupakan salah satu pembelajaran aktif yang mengharuskan peserta didik agar aktif dalam pembelajaran dan juga dengan strategi ini akan menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik. Penelitian ini bertujuan agar menganalisis pengaruh strategi Inquiring Minds Want to Know terhadap hasil belajar sejarah peserta didik kelas X SMA. Desain penelitian ini yaitu One Group PreTest – PostTes Design. Penelitian ini dilakukan di kelas X-6 SMA Negeri 1 Soko Tuban. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan mendapat hasil bahwa pengaruh strategi Inquiring Minds Want to Know memiliki pengaruh yang baik pada hasil belajar sejarah peserta didik.
Kata Kunci: Strategi Inquiring Minds Want To Know dan Hasil Belajar Sejarah
History learning is famous for learning that still uses conventional learning strategies, students quickly feel bored with learning history and are not active when learning history. So that this can be overcome with the Inquiring Minds Want to Know Strategy is one of the active learning that requires students to be active in learning and also with this strategy will foster the curiosity of students. This study aims to analyze the effect of the Inquiring Minds Want to Know strategy on the learning outcomes of history class X SMA students. The design of this research is One Group PreTest - PostTest Design. This research was conducted in class X-6 SMA Negeri 1 Soko Tuban. Based on the data analysis that has been done, it is found that the influence of the Inquiring Minds Want to Know strategy has a good influence on the history learning outcomes of students.
Keywords: Inquiring Minds Want To Know Strategy and History Learning Outcomes