KELENGKAPAN UNSUR LITERASI SAINS PADA INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI SAINS SMP KELAS VII
Completeness of Science Literature Elements in Class VII Science Literacy Assessment Instruments
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi penyajian aspek-aspek literasi sains dalam instrumen penilaian literasi sains pada materi IPA kelas VII. Penelitian ini menggunakan analisis deskripsi kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu instrumen penilaian literasi sains dari peneliti Jilhanum Muftianah, Wahono Widodo (2018); Diana Arfianti (2015). Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek-aspek literasi sains telah disajikan dengan baik meskipun terdapat satu aspek yang belum terdapat pada instrumen literasi sains yakni aspek proses sains. Dalam instrumen literasi sains pada kedua peneliti, aspek literasi sains yang banyak muncul adalah aspek konten sains. Sehingga, dalam mengukur kemampuan literasi sains maka seluruh aspek literasi sains harus terdapat dalam instrumen literasi sains.
This study was conducted with the aim of identifying the presentation of scientific literacy aspects in the scientific literacy assessment instrument for the seventh grade science material. This study uses qualitative descriptive analysis. The object of research in this study is the scientific literacy assessment instrument from the researcher Jilhanum Muftianah, Wahono Widodo (2018); Diana Arfianti (2015). The data collection technique used is literature study. The data analysis technique in this research uses content analysis. The results of the study indicate that aspects of scientific literacy have been presented well, although there is one aspect that has not been included in the scientific literacy instrument, namely the scientific process aspect. In the scientific literacy instrument for the two researchers, the aspect of scientific literacy that often appears is the aspect of science content. Thus, in measuring scientific literacy skills, all aspects of scientific literacy must be contained in scientific literacy instruments.