Perancangan Identitas Visual Tirai Psikologi di Blankspace Creative
Designing Visual Identity from Tirai Psikologi at Blankspace Creative
Tirai Psikologi merupakan platform layanan psikologi berbasis online yang menyediakan jasa konsultasi psikologi secara gratis. Permasalahan yang dihadapi Tirai Psikologi adalah belum terbangunnya identitas visual pada brand secara komprehensif serta kendala pada pengguna untuk mengenal brand melalui unsur visual seperti visibilitas logo, penggunaan warna dan tipografi yang belum konsisten. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses perancangan identitas visual yang meliputi redesain logo, supergrafik, panduan penggunaan tipografi dan warna yang diatur dalam graphic standart manual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan Design Thinking dari IDEO yang yang terdiri dari empathize, define, ideate, prototype, dan test. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan observasi. Selanjutnya, dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif Miles dan Huberman meliputi reduksi, data display, dan kesimpulan. sedangkan analisis perancangan menggunakan analisis SWOT. Kuesioner dengan skala likert juga digunakan untuk membantu mengukur persepsi, sikap, dan pendapat responden pengguna media sosial Instagram terhadap identitas visual Tirai Psikologi yang baru. Hasil dari penelitian ini adalah desain identitas visual yang disertai dengan graphic standart manual. Melalui proses pengujian terhadap pengguna spesifik media sosial Instagram, identitas visual dapat menampilkan karakter brand dengan baik melalui aspek visualisasi dan penerapan dalam setiap media dan mendapatkan skor interval 75-100 % atau sangat baik.
Tirai Psikologi is an online-based psychological service platform that provides free psychological consulting services. The problem faced by Tirai Psikologi is that the visual identity of the brand has not been developed comprehensively and the obstacles for users to get to know the brand through visual elements such as logo visibility, use of colors and typography that have not been consistent. This study aims to describe the process of designing a visual identity which includes logo redesign, supergraphics, guidelines for the use of typography and colors that are regulated in a graphic standard manual. This study uses a qualitative method through the Design Thinking approach from IDEO which consists of empathize, define, ideate, prototype, and test. Research data were collected using interviews, questionnaires, and observation methods. Furthermore, it is analyzed using the qualitative analysis method of Miles and Huberman including reduction, data display, and conclusions. while the design analysis uses SWOT analysis. A questionnaire with a Likert scale was also used to help measure the perceptions, attitudes, and opinions of respondents using Instagram social media towards the new visual identity of the Tirai Psikologi. The result of this research is a visual identity design accompanied by a graphic standard manual. Through a testing process on specific users of Instagram social media, visual identity can display brand character well through visualization and application aspects in each medium and get an interval score of 75-100% or very good.