Tujuan utama dari penelitian ini yaitu menghasilkan alat peraga elektroskop sederhana sebagai media pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan meliputi Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Alat peraga yang dikembangkan diujicobakan secara luas pada peserta didik di SMA dengan menggunakan rancangan penelitian “One Group Pre-test Post-test Design” dengan dua kelas eksperimen. Data hasil penelitian ini berupa validitas alat peraga sebesar 81,25% dengan kategori sangat layak untuk digunakan. Adapun ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 89,5% dari 60 peserta didik yang tersebar dalam dua kelas. Berdasarkan hasil analisis lembar evaluasi hasil belajar peserta didik untuk mengetahui tingkat kenaikan nilai ranah kognitif peserta didik didapatkan nilai gain sebesar 0,73 dengan 65% kategori tinggi dan 35% kategori sedang. Sedangkan untuk respon peserta didik didapatkan respon yang sangat positif dengan presentase 85%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa alat peraga elektroskop sederhana telah layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika materi listrik statis. Kata kunci : elektroskop sederhana, media pembelajaran, kelayakan
The main purpose of this research is to produce simple electroscope as a medium of physics learning. This research method that used is development research of ADDIE model whose stages include Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation. The teaching aid developed was widely tested on students in high school by using the "One Group Pre-test Posttest Design" research design with two experimental classes. The results of this study in the form of props validity of 81.25% with the category very feasible to use. The completeness of student learning outcomes by 89.5% of the 60 students spread in two classes. Based on the results of the analysis of the student learning outcomes evaluation sheet to determine the level of increase in cognitive domain values of students obtained a gain value of 0.73 with 65% in the high category and 35% in the medium category. Whereas for students' responses, a very positive response was obtained with a percentage of 85%. Overall, it can be concluded that the simple electroscope teaching aids have been used as a medium for learning physics in static electricity. Keywords: Simple electroscope, learning media, feasibility