PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI NILAI-NILAI PANCASILA DI SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED EDUCATIONAL APPLICATIONS ON THE MATERIAL OF PANCASILA VALUES IN ELEMENTARY SCHOOL
Pada abad 21, teknologi sangat cepat berkembang dalam kehidupan manusia. Sebagai pendidik, guru dituntut untuk memberikan suatu inovasi pembelajaran yang memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada sehingga dapat bermanfaat secara tidak langsung kepada peserta didik di kemudian kelak. Guru membutuhkan media kreatif yang mahir yang dapat memfasilitasi kerangka pembelajaran, bagian pembelajaran, dan bersahabat dengan peserta didik. Selain itu, siswa diharapkan mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran agar dapat menghidupkan kegiatan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran baru berbasis aplikasi dengan tujuan untuk memberikan solusi pada tenaga pendidik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluation).
Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 222 Gresik, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Subjek penelitian yaitu kelas IV Sekolah Dasar dengan tahapan uji coba skala kecil dan uji coba skala besar pada proses pengambilan data. Materi yang disajikan adalah nilai-nilai Pancasila. Hasil dari penelitian adalah: (1) proses pengembangan aplikasi edukasi berbasis android pada materi nilai-nilai Pancasila; (2) aplikasi dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase validasi materi sebesar 85% dan tingkat persentase validasi media sebesar 90%; (3) aplikasi dinyatakan efektif dengan nilai persentase ketuntasan belajar peserta didik pada uji coba skala kecil sebesar 90% dan uji coba skala besar sebesar 76,67%.
Kata Kunci: media pembelajaran, aplikasi, nilai-nilai Pancasila.
In the 21st century, technology is rapidly developing in human life. As educators, teachers are required to provide learning innovations that take advantage of existing technological developments so that they can indirectly benefit students in the future. Teachers need an efficient innovative media that is able to accommodate learning systems, learning components, and is compatible with students. Students are also expected to be able to actively participate in learning activities so that they can liven up the process of learning activities in class. Therefore, this research is used to develop new application-based learning tools with the aim of providing solutions to educators. This type of research is development research with the ADDIE development model (analysis, design, development, implement, evaluation).
This research was conducted at UPT SDN 222 Gresik, Menganti District, Gresik Regency. The research subjects were class IV elementary school with small-scale test stages and large-scale tests in the data collection process. The material presented is the values of Pancasila. The results of the study are: (1) the process of developing an android-based educational application on Pancasila values; (2) the application is stated to be very valid with a percentage value of material validation of 85% and a percentage value of media validation of 90%; (3) the application was declared effective with a percentage of students' learning completeness in small-scale trials of 90% and big-scale trials of 76.67%.
Keywords: learning media, applications, Pancasila values