ABSTRAK
Muji
Tri Handoyo , 2020. Hubungan Kompetensi Profesional
Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Terhadap Implementasi Kurikulum
2013 di Sekolah Dasar se Kecamatan Tambaksari. Tesis Program Studi Pendidikan
Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr.
Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T., dan (II) Dr. Noortje Anita Kumaat., M.Kes.
Kata-kata
Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Implementasi
Kurikulum 2013.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi profesional guru PJOK terhadap
implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar se kecamatan Tambaksari.
Penelitian ini
merupakan penelitian korelasional, yang menjadi subyek penelitian adalah
seluruh guru PJOK se kecamatan Tambaksari yang berjumlah 42 guru. Dalam
mengumpulkan data menggunakan dua kuisioner, yaitu (1) kuisioner untuk
mengetahui kompetensi profesional guru PJOK dan (2) kuisioner untuk mengetahui
implementasi kurikulum 2013, yang dibuat melalui google form dan disebarkan
melalui grup kelompok kerja guru (KKG) PJOK kecamatan Tambaksari.
Analisa data yang
digunakan adalah analisa deskripif untuk mengetahui besarnya prosentase jawaban
dari responden, penilaian acuan norma (PAN)
untuk menentukan krieria skor, analisis korelasi product momen dan
koefisien determinasi.
Berdasarkan analisa
data, diperoleh nilai kompetensi profesional guru PJOK se kecamatan Tambaksari
dengan rata-rata 40,21 dalam klasifikasi cukup baik, nilai implementasi
kurikulum 2013 di SD se kecamatan Tambaksari dengan rata-rata 44,38 dalam
kategori cukup baik, dan koefisien korelasi sebesar 0,358 dengan signifikansi
0,020, jika dibandingkan dengan r tabel maka
> (0,358 > 0,304) sehingga dapat disimpulkan
bahwa ada hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru PJOK dengan
implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar se kecamatan Tambaksari.
Perhitungan koefisien determinasi sebesar 12,82% yang berarti kompetensi
profesional dapat mempengaruhi implementasi sebesar 12,82% dan 87,18%
dipengaruhi faktor lain.