MATHEMATICAL LEARNING ANALYSIS THROUGH THE WHATSAPP APPLICATION IN THE COVID-19 PANDEMIC TO PRIMARY SCHOOL STUDENTS
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian dalam pembelajaran dan hambatan serta solusi untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran matematika yang dilakukan secara daring melalui aplikasi WhatsApp di masa pandemi covid-19. Pelaksanaan penelitian di SDN Plosogeneng 1 Jombang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan pedoman studi dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa perencanaan pembelajaran di SDN Plosogeneng 1 Jombang menggunakan RPP daring untuk pembelajaran tematik dan RPP tatap muka untuk pembelajaran matematika. Proses pembelajaran dilakukan oleh guru melalui aplikasi WhatsApp dengan membentuk grup WhatsApp yang beranggotakan siswa dan guru. Penilaian dalam pembelajaran matematika yang dilakukan secara daring melalui aplikasi WhatsApp meliputi penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Hambatan yang dialami oleh guru dan siswa yaitu sulit untuk belajar mengoperasikan aplikasi atau platform belajar online. Upaya yang telah dilakukan oleh guru yaitu guru belajar secara otodidak berbagai macam aplikasi atau platform belajar online dan mengupayakan pembelajaran daring dengan memilih aplikasi pendukung yang sesuai dengan kondisi dan situasi siswa.
Kata Kunci: daring, matematika SD, pandemi covid-19, WhatsApp.
Abstract
This study aims to describe learning planning, the learning process, assessment in learning and obstacles, and solutions to overcome obstacles in mathematics learning carried out online through WhatsApp during the Covid-19 pandemic. Research implementation at SDN Plosogeneng 1 Jombang. The type of research used is descriptive qualitative. The data collection techniques used were interviews, observation, and documentation study. The research instruments used were interview guidelines and documentation study guidelines. The results of this study reveal that lesson planning at SDN Plosogeneng 1 Jombang uses online lesson plans for thematic learning and face-to-face lesson plans for mathematics learning. The learning process is carried out by the teacher through the application WhatsApp by forming a group of WhatsApp consisting of students and teachers. Assessment in mathematics learning carried out online through the application WhatsApp includes knowledge assessment and skills assessment. The obstacle experienced by teachers and students is that it is difficult to learn to operate a learning application or platform online. Efforts that have been made by the teacher, namely the teacher self-taught in various kinds of applications or platforms learning online and striving for online learning by selecting supporting applications that are appropriate to the conditions and situations of the students.
Keywords: daring, elementary mathematics, pandemic covid-19, WhatsApp.