PERANCANGAN KOMIK MEDIA EDUKASI BANGUN DATAR UNTUK KELAS 4 SEKOLAH DASAR AL ISLAM PLUS KRIAN
EDUCATIONAL COMIC DESIGN OF TWO-DIMENSIONAL FIGURE LEARNING FOR FOURTH GRADERS IN SEKOLAH DASAR AL ISLAM PLUS KRIAN
Matematika merupakan salah satu materi pembelajaran utama di sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA. Matematika bukan sekadar mata pelajaran tentang menghafal rumus namun juga belajar tentang konsep, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Pada sekolah dasar, mata pelajaran matematika seringkali sulit dipahami oleh anak-anak dengan tipe pembelajaran tertentu. Oleh karenanya perlu adanya alat bantu pembelajaran yang menyenangkan, salah satunya melalui media gambar atau cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep dan proses perancangan komik sebagai media pembelajaran bangun datar bagi siswa sekolah dasar kelas 4. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah mendeskripsikan konsep dan proses perancangan komik sebagai media pembelajaran bangun datar pada mata pelajaran matematika bagi siswa SD Al Islam Plus Krian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara dengan guru dan siswa serta melakukan observasi di sekolah. Analisis data mengacu Miles dan Huberman (2014) meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan dalam perancangan media menerapkan metode ADDIE menurut Dick & Carey (1996) yang terdiri dari analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Hasil perancangan berupa komik cetak untuk edukasi siswa SD Al Islam Plus Krian yang telah divalidasi dan diujicoba.
Mathematics is one of the main learning materials in schools from elementary to high school. Mathematics is not just a subject about memorizing formulas but also learning about concepts, so it can be applied in real life. In elementary schools, mathematics is often difficult for children with certain types of learning to understand. Therefore it is necessary to have fun learning aids, one of which is through the media of pictures or stories. The purpose of this study was to describe the concept and process of designing comics as a medium for learning flat shapes for elementary school students in grade 4. The problem in this study was how to describe the concept and process for designing comics as a medium for learning flat shapes in mathematics for SD Al Islam Plus students. Krian. This study used a qualitative method, collecting data through interviews with teachers and students and making observations at school. Data analysis refers to Miles and Huberman (2014) including data collection, data reduction, data presentation, and conclusions. Whereas in media design, the ADDIE method is applied according to Dick & Carey (1996) which consists of analyze, design, develop, implement, and evaluate. The results of the design are in the form of printed comics for the education of SD Al Islam Plus Krian students which have been validated and tested.