Pengaruh Metode Orton-Gillingham terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Disleksia
The Effect of the Orton-Gillingham Method on Early Reading Skills in Dyslexic Children
Membaca permulaan merupakan fondasi penting bagi anak karena membantu mereka mengembangkan keterampilan literasi dasar dan membuka pintu pengetahuan untuk belajar sepanjang hidup. Siswa disleksia memiliki kemampuan membaca permulaan yang rendah sehingga memerlukan upaya pendekatan yang spesifik dan berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuannya dalam membaca. Metode Orton-Gillingham memiliki manfaat dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak disleksia melalui cara langsung, eksplisit, multisensori, terstruktur, berurutan, diagnostik, dan preskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh metode pembelajaran Orton-Gillingham terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa disleksia. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasy Experiment, menggunakan satu kelompok eksperimen dengan menerapkan one group pre-test pos-test design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, obsrvasi, dan dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan uji Wilcoxon signed rank test dan pengujian melalui aplikasi SPSS v.26. Hasil penelitian menunjukkan = 1 < dengan nilai krisis 5%= 2,0 dan pada uji Wilcoxon menggunakan aplikasi SPSS diperoleh hasil Asymp. Sig. (2-tailed) 0,043 < 0,05. Implikasi hasil penelitian ini dapat membantu guru dan spesialis pendidikan dalam merancang program pembelajaran yang efektif untuk anak disleksia, sehingga peserta didik dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa metode pembelajaran Orton-Gillingham memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan anak disleksia di SLB Cita Hati Bunda Sidoarjo.
Kata kunci : Orton-Gillingham, membaca permulaan, disleksia.
Early reading is an important foundation for children as it helps them develop basic literacy skills and opens the door to knowledge for lifelong learning. Dyslexic students have low early reading skills so they need a specific and sustainable approach to improve their ability to read. The Orton-Gillingham method has benefits in improving dyslexic children's early reading skills through direct, explicit, multisensory, structured, sequential, diagnostic and prescriptive ways. This study aims to prove the effect of the Orton-Gillingham learning method on the ability of early reading in dyslexic students. The research method used is a quantitative approach with the type of Quasy Experiment, using one experimental group by applying one group pre-test pos-test design. Data collection techniques using test methods, observation, and documentation as supporting data. The data analysis technique used non-parametric statistics with the Wilcoxon signed rank test and testing through the SPSS v.26 application. The results showed = 1 < with a crisis value of 5% = 2.0 and in the Wilcoxon test using the SPSS application obtained the results Asymp. Sig. (2-tailed) 0.043 <0.05. The implications of the results of this study can help teachers and education specialists in designing effective learning programs for dyslexic children, so that students can improve their early reading skills. Based on the results of the study, it is concluded that the Orton-Gillingham learning method has a significant effect on the beginning reading ability of dyslexic children in SLB Cita Hati Bunda Sidoarjo.
Keywords: Orton-Gillingham, early reading, dyslexia.