TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS TENTANG PENGGUNAAN FLASHCARD PADA MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY
SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW ON THE USE OF FLASHCARDS IN AUGMENTED REALITY BASED LEARNING MEDIA
Pada era Revolusi Industri 4.0, perkembangan teknologi yang pesat mempengaruhi gaya belajar-mengajar. Gaya belajar-mengajar cenderung berubah menjadi lebih menarik, realistis, autentik dan menyenangkan. Penggunaan teknologi pada proses pembelajaran meningkatkan keterlibatan siswa dan meningkatkan level pemahaman. Akan tetapi, masih ada beberapa sekolah pada berbagai jenjang pendidikan pra-sekolah, sekolah dasar, dan sekolah menengah yang belum memanfaatkan perkembangan teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar. Beberapa sekolah tersebut cenderung masih menggunakan media tradisional dalam kegiatan pembelajaran. Perkembangan teknologi yang bisa diimplementasikan dalam dunia pendidikan ada bermacam-macam, seperti E-Learning, Multimedia, Perangkat Seluler, Game, Virtual Reality dan Augmented Reality. Salah satu teknologi yang dimanfaatkan pada kegiatan pembelajaran yaitu augmented reality dengan memanfaatkan flashcard tradisional sebagai marker. Oleh karena itu, kajian pustaka ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan flashcard pada media pembelajaran berbasis augmented reality pada tingkat pendidikan pra-sekolah, sekolah dasar dan sekolah menengah. Model penelitian yang digunakan pada artikel ini yaitu menggunakan metode studi literatur. Hasil kajian pustaka ini menunjukkan bahwa flashcard berbasis augmented reality memiliki dampak positif terhadap siswa. Dalam kegiatan belajar-mengajar, siswa merasa penggunaan media FCAR dapat menjadikan suasana belajar-mengajar lebih menyenangkan dan interaktif. Penggunaan media ini juga membantu dalam memahami hal-hal yang dianggap abstrak. Selanjutnya, dengan diaplikasikannya media ini, motivasi dan prestasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata 21-22%. Hal ini semakin menunjukkan jika penggunaan FCAR merupakan media pembelajaran yang efektif.
Kata kunci : Media pembelajaran, Flashcard, Augmented reality.
During the Industrial Revolution 4.0 era, the rapid development of technology affected the way of teaching and learning. Teaching and learning styles tend to change to be more interesting, realistic, authentic and fun. The use of technology in the learning process increases student involvement and increases the level of understanding. However, there are still several schools at various levels of pre-school education, primary and secondary schools that have not utilized technological developments in teaching and learning activities, and tend to still use traditional media in learning activities. There are various technological developments that can be implemented in the world of education such as E-Learning, Multimedia, Cellular Devices, Games, Virtual Reality and Augmented Reality. One technology that is utilized in learning activities is augmented reality and utilizes traditional flashcards as markers. Therefore, this literature review aims to determine the impact of the use of flashcards on augmented reality based learning media at the level of pre-school education, elementary school and secondary school. The research model used in this article is using the literature study method. The literature study shows that flash cards based on augmented reality have a positive impact on students. In teaching and learning activities, students feel the use of FCAR media can make the learning atmosphere more enjoyable and interactive. The use of this media also helps in understanding things that are considered abstract. Furthermore, by the application of the media, the students motivation and learning achievement increased by an avarage of 21-22%. Further, it shows that the use of FCAR is an effective learning media.
Keywords: Learning media, flashcard, augmented reality.