Profil Literasi Statistik Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual ditinjau dari Kemampuan Awal Statistika
Profile of Statistical Literacy of Secondary School Students in Solving Contextual Problem Based On Initial Statistical Ability
Literasi statistik dibutuhkan di abad 21 dalam membaca informasi data, berpikir kritis dan mengambil keputusan. Kemampuan literasi statistik dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah kemampuan awal statistika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi statistik siswa SMA dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan awal statistika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan tes kemampuan statistika, tes literasi statistik, dan pedoman wawancara untuk mengumpulkan data. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini yaitu tiga siswa perempuan siswa kelas XII SMA IPA dengan kategori kemampuan awal statistika tinggi, sedang dan rendah. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Siswa dengan kemampuan awal statistika tinggi dapat memenuhi indikator membaca, menjelaskan, menganalisis, menafsirkan, menginterpretasi data secara kritis dan membuat kesimpulan, serta menyajikan data dan memprediksi suatu hal sehingga dapat dikategorikan berada pada level 5 sampai 6 (Critical-Mathematics Critical), (2) Siswa dengan kemampuan sedang dapat memenuhi indikator membaca, menjelaskan, menyajikan data, belum memenuhi pada menganalisis, menafsirkan, menginterpretasi data secara kritis, membuat kesimpulan dan prediksi serta terkadang menggunakan intuisi sehingga dapat dikategorikan berada pada level 3 sampai 5 (Consistent Noncritical-Critical), dan (3) Siswa dengan kemampuan rendah dapat memenuhi indikator dapat memenuhi indikator membaca dan menjelaskan data, namun belum memenuhi indikator menganalisis, menafsirkan, menginterpretasi data secara kritis, membuat kesimpulan dan prediksi, menyajikan data tidak praktis, sering menggunakan intuisi sehingga dapat dikategorikan berada pada level 1 sampai 3 (Idiosyncratic-Consistent Noncritical). Oleh karena itu, penting bagi siswa dan guru untuk mengetahui kemampuan literasi statistik agar dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan memahami informasi dalam mengambil keputusan berkenaan dengan masalah sehari-hari.
Kata Kunci: Literasi Statistik, Masalah Kontekstual, Kemampuan Awal Statistik
Statistical literacy is needed in the 21st century in reading data information, thinking critically and making decisions. The ability of statistical literacy is influenced by many things, one of which is the initial ability of statistics. The purpose of this study was to describe the statistical literacy skills of high school students in solving contextual problems in terms of their initial statistical abilities. This research is a qualitative descriptive study using statistical ability tests, statistical literacy tests, and interview guidelines to collect data. The subjects selected in this study were three female students of class XII SMA Science with high, medium and low initial statistical ability categories. The results of this study concluded that (1) Students with high initial statistical abilities can meet the indicators of reading, explaining, analyzing, interpreting, interpreting data critically and making conclusions, as well as presenting data and predicting something so that it can be categorized as at level 5 to 6 (Critical-Mathematics Critical), (2) Students with medium ability can meet indicators of reading, explaining, presenting data, not yet fulfilling analyzing, interpreting, interpreting data critically, making conclusions and predictions and sometimes using intuition so that they can be categorized at the level 3 to 5 (Consistent Noncritical-Critical), and (3) Students with low abilities can meet the indicators of reading and explaining data, but have not met the indicators of analyzing, interpreting, interpreting data critically, making conclusions and predictions, presenting data not practical, often meng use intuition so that it can be categorized at level 1 to 3 (Idiosyncratic-Consistent Noncritical). Therefore, it is important for students and teachers to know statistical literacy skills in order to increase their understanding and ability to understand information in making decisions regarding daily problems.
Keywords: Statistical Literacy, Contextual Problem, Initial Statistics Ability