Penyebab utama dari rendahnya minat siswa dalam mengikuti pembelejaran sejarah yaitu kurangnya kreatifitas guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan oleh yaitu menggunakan film sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu pengaruh ketertarikan siswa terhadap film animasi sejarah dengan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran sejarah pada siswa kelas XII IS1 SMA Negeri 1 PATIANROWO. Penelitian ini berdesain One-Shot Case Study dengan desain yang dimana terdapat suatu kelompok diberi treatment/perlakuan, dan selanjutnya diobservasi hasilnya. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara ketertarikan siswa terhadap film animasi sejarah dengan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran sejarah walaupun dalam skala lemah. Hasil perhitungan kuantitatif diperkuat oleh hasil wawancara, para siswa menunjukan bahwa mereka tertarik dengan pembelajaran sejarah dengan menggunakan film animasi. Hasil penelitian sangat penting karena berdasarkan hasil penelitian dan observasi yang telah dilakukan dapat dijadikan referensi pengembangan pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh guru dalam pemilihan media pembelajaran khususnya film saat mengajar mata pelajaran Sejarah. Karena berdasarkan penelitian, siswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran sejarah dengan menggunakan film animasi dibandingkan pembelajaran sejarah yang hanya bercerita atau menggunakan metode ceramah.
Kata Kunci: Film Animasi Sejarah, Pelajaran Sejarah, Perilaku Siswa
The main reason of the student low interest in history learning is the lack of teachers creativity in utilizing technology as a medium of learning history. Teaching using discourse method is still very dominating in the process of learning in class. This study aims to find out the correlation between students interest in participating in learning history and their interest in historical animation films that used in class of XII IS1 students of SMA Negeri 1 PATIANROWO as teaching media This research using One-Shot Case Study design which there is a group given treatment and being observed. The anlysis concluded that there is a relationship between the interest of students towards the film animation history with the interest of students towards learning of history despite the scale of the weak. The result was supported by the results of the interview, the students showed that they were interested in learning the history by using animation film. The study very important to be used by the teachers as references to improve active, creative and inovative learning The result of the study hopefully give contribution for the teachers in choosing the learning medium in history classes especially using animation film. Since based on the study, students tend to have more interest in history learning using animation film than marely using direct or discourse method. Thus, the animation history film has relationships and its roles is significant to led the development of the student, despite the teacher have to create a learning that is meaningful learning.
Keywords: History Film Animation, History Lesson, Students Behavior