ABSTRAK
PENGARUH SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU ONLINE BERBASIS ZONASI TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI ZONA 25 SURABAYA
Nama : Dian Anggraeni
NIM : 16010714077
Jurusan : Manajemen Pendidikan
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : M. Syahidul Haq, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem penerimaan peserta didik baru online berbasis zonasi terhadap prestasi peserta didik di SMP Negeri Zona 25 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 1.729 siswa dan jumlah sampel penelitian sebanyak 325 responden. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 25, SMPN 33, SMPN 46, SMPN 50, dan SMPN 56 Surabaya. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan menggunakan skala likert. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana dan uji hipotesis. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS for windows 25.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pada variabel sistem penerimaan peserta didik baru online berbasis zonasi (X) nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara sistem penerimaan peserta didik baru online berbasis zonasi dan prestasi peserta didik di SMP Negeri Zona 25 Surabaya; (2) sistem penerimaan peserta didik baru online berbasis zonasi memiliki pengaruh yang signifikan dan bersifat positif terhadap prestasi peserta didik sebesar 0,384; (3) pengaruh sistem penerimaan peserta didik baru online berbasis zonasi dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,148, berarti sistem penerimaan peserta didik baru online berbasis zonasi berpengaruh terhadap prestasi peserta didik sebesar 14,8% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel yang lain selain variabel yang ada pada penelitian ini.
Kata Kunci : Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Online, Sistem Zonasi, Prestasi Peserta Didik
ABSTRACT
INFLUENCE OF SYSTEM ACCEPTANCE OF NEW LEARNERS ONLINE BASED ZONING ON THE ACHIEVEMENT OF LEARNERS IN JUNIOR HIGH SCHOOL ZONE 25 SURABAYA
Name : Dian Anggraeni
Departement : Educational Management
Faculty : Faculty of Education
Institution : State University of Surabaya
Advisor : M. Syahidul Haq, S. Pd., M. Pd.
This research aims to determine the influence of the acceptance system of new learners online based zoning to the achievement of students in Junior High School Zone 25 Surabaya. The study used a quantitative approach with a population of 1,729 students and a total research sample of 325 respondents. Respondents in this study were grade VII students at SMPN 25, SMPN 33, SMPN 46, SMPN 50, and SMPN 56 Surabaya. The data collection technique is a poll using a Likert scale. The data analysis techniques in this study used simple regression tests and hypothesis tests. The data obtained is then processed using the SPSS for Windows 25.0 application.
The results showed that: (1) on the variable acceptance system of new learners online based zoning (X) significance value 0.000 < 0.05 then H0 rejected and H1 accepted, meaning there is a significant influence between the acceptance system of new learners online based zoning and the achievement of students in Junior High School Zone 25 Surabaya; (2) The acceptance system of new learners online based zoning has a significant and positive influence on student achievement of 0.384; (3) The influence of the acceptance system of new learners online based zoning with a coefficient of determination value of 0.148, meaning that the acceptance system of new learners online based zoning affects the students achievement by 14.8% while the rest are influenced by other variables than the variables present in this study.
Keywords: Admissions new learners online system, zoning system, student achievements