PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP DENGAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (development research) yang mengadaptasi model pengembangan oleh Plomp (2010) yang terdiri dari 3 fase yakni, fase penelitian awal (preliminiary research phase), fase pembuatan prototipe (prototyping phase), dan fase penilaian (assessment phase). Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan perangkat pembelajaran serta bagaimana hasil dari pengembangan perangkat pembelajaran pada mata pelajaran matematika jenjang SMP yang menerapkan model penemuan terbimbing (guided discovery) untuk materi lingkaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Pada penelitian ini mengunakan beberapa instrumen antara lain, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Lembar Penilaian (LP); instrumen lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran; instrumen angket respon peserta didik; serta lembar validasi instrument tersebut. Hasil dari penelitian ini berupa perangkat pembelajaran matematika SMP pada materi lingkaran dengan menggunakan model penemuan terbimbing. Perangkat pembelajaran ini telah divalidasi oleh ahli dan mendapat respon positif dari guru maupun peserta didik saat diterapkan di kelas. Maka, perangkat pembelajaran matematika dengan model penemuan terbimbing (guided discovery) pada materi lingkaran ini telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
The research conducted is a development research that adapts to the model by Plomp development model (2010) which consists of 3 phases namely, the preliminary research phase, the prototyping phase, and the assessment phase. The purpose of this study is to find out how the process of developing learning devices and how the results of the development of mathematics learning tools in junior high school level that apply guided discovery models for circle that meets valid, practical, and effective criteria. In this study using several instruments namely, Learning Implementation Plans, Student Worksheets, and Assessment Sheets; instrument sheet observation of the implementation of learning; student questionnaire response instruments and the instrument validation sheet. The results of this study are junior high school mathematics’s learning tools on the circle using the guided discovery model. This learning tool has been validated by experts and received positive responses from both teachers and students when applied in class. So, the mathematics learning device with guided discovery models on this circle material has fulfilled valid, practical, and effective criteria.