Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk menghasilkan media pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) berbasis Adobe Flash pada mata pelajaran IPA materi Siklus Air yang layak dan evektif untuk siswa kelas V SDN Babatan I/456 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) oleh Borg and Gall yang dimodivikasi oleh Sugiono. Dalam penelitian ini, peneliti hanya melakukan penelitian sampai pada prosedur kesembilan. Hal tersebut dikarenakan fokus penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas media pembelajaran yang dikembangkan terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil persentase kevalidan dari validasi materi sebesar 91,07 % (sangat layak), validasi media sebesar 90,38% (sangat layak), validasi perangkat pembelajaran sebesar 89,58% (sangat layak), validasi soal pre-test dan post-test sebesar 88,46% (sangat layak), dan validasi angket siswa sebesar 90,90% (sangat layak). Hasil presentasi angket siswa pada uji coba produk sebesar 90,90% (sangat layak) dan hasil presentasi angket siswa pada uji coba pemakaian sebesar 96,87% (sangat layak). Untuk mengetahui keevektifan media pembelajaran yang dihasilkan, peneliti melakukan perhitungan terhadap hasil pre-test dan post-test yang dilakukan. Berdasarkan t hitung yang didapatkan, yaitu sebesar 7,772 dengan t tabel yang didapatkan yaitu sebesar 31, dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel = 7,772 > 2,039, dengan taraf siknifikan sebesar 5%. Maka penggunaan media pembelajaran CAI siklus air dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
The purpose of this research is to produce Adobe Flash based Computer Assisted Instruction (CAI) learning media on natural science subjects that are appropriate and effective Water Cycle material for fifth grade students of Babatan I / 456 SDN Surabaya. The research method used in this study was research and development or Research and Development (R & D) by Borg and Gall who were modified by Sugiono. In this study, researchers only conducted research until the ninth procedure. This is because the focus of the research is to find out the feasibility and effectiveness of learning media developed in the learning process and student learning outcomes. The results of the validity percentage from material validation were 91.07% (very feasible), media validation was 90.38% (very feasible), learning device validation was 89.58% (very feasible), validation of the pre-test and post-test questions. 88.46% (very feasible), and student questionnaire validation was 90.90% (very feasible). The results of the student questionnaire presentation on the product trial were 90.90% (very feasible) and the results of the student questionnaire presentation on the usage trial were 96.87% (very feasible). To find out the effectiveness of the learning media produced, the researcher calculates the results of the pre-test and post-test conducted. Based on the calculated t obtained, which is equal to 7.772 with t table obtained that is equal to 31, it can be seen that t count> t table = 7.772> 2.039, with a significance level of 5%. So the use of CAI water cycle learning media can improve student learning outcomes.