ABSTRAK
Sriatun, 2022. Pengaruh
pemecahan masalah terhadap aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa
dalam pembelajaran matematika pada SMK bidang teknologi dan rekayasa di
Bojonegoro. Disertasi Program Studi Pendidikan Vokasi, Pascasarjana,
Universitas Negeri Surabaya. Promotor: Prof.Dr. Ekohariadi, M. Pd. Co promotor:
Dr. Meini Sondang Sumbawati, M. Pd.
Kata kunci: Pemecahan masalah, aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemecahan masalah terhadap aspek pengetahuan, sikap dan
keterampilan siswa dalam pembelajaran matematika pada SMK bidang teknologi dan rekayasa di
Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dimana populasinya siswa kelas X teknik bisnis sepeda motor di Bojonegoro dan sampelnya
adalah empat SMK binaan Ahass/Astra Honda Motor. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah lembar observasi
dan tes.
Hasil penelitian melalui analisis Structural Equation Modeling PLS adalah tpengaruh pemecahan
masalah terhadap aspek pengetahuan siswa SMK menunjukkan
signifikan positif, hal tersebut tampak pada indikator masing–masing outer
loading cenderung tinggi di atas 0,5. pengaruh
pemecahan masalah terhadap
aspek sikap dalam
pembelajaran matematika pada SMK bidang
teknologi dan rekayasa ada pengaruh
positif namun tidak signifikan. sedang pengaruh
pemecahan masalah
terhadap aspek keterampilan adalah signifikan positif.
Implikasi,
melalui penelitian ini terungkap bahwa pengaruh pemecahan masalah dalam
pembelajaran matematika aplikatif dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan siswa sekolah menengah
kejuruan pada konsentrasi keahlian
teknik bisnis sepeda motor, serta dapat membantu guru matapelajaran matematika
dalam mengintegrasikan materi matematika dengan konsentrasi keahlian siswa,
sehingga kebutuhan belajar peserta didik dapat terpenuhi.