Pengembangan aplikasi buku saku digital untuk mata pelajaran pemrograman dasar berbasis android dalam penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat kelayakan aplikasi buku saku digital berbasis android pada mata pelajaran pemrograman dasar (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dikelas yang menggunakan aplikasi buku saku digital berbasis android dengan siswa yang tidak menggunakan aplikasi sebagai media pembelajaran mobile pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X (3) Mengetahui respon siswa terhadap aplikasi buku saku digital berbasis android pada mata pelajaran pemrograman dasar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development). Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh, dari segi kelayakan yang divalidasi oleh validator ahli, aplikasi ini memperoleh hasil rating sebesar 98%, RPP mendapatkan hasil rating 85,5%, soal posttest yang digunakan untuk pengambilan data mendapatkan hasil rating sebesar 87,3%. Dapat disimpulkan bahwa hasil validasi yang diperoleh dalam penelitian ini telah memenuhi persentase kelayakan. Kemudian, berdasarkan hasil penelitian melalui hasil belajar yang diambil dari posttest yang diberikan kepada 68 siswa SMKN 1 Sidayu Gresik menyatakan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan aplikasi memperoleh rata-rata nilai yang lebih besar yaitu 77,941 dibandingkan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan aplikasi dengan rata-rata nilai 66,544.
Hasil uji T dari penelitian ini mendapatkan nilai signifikasi (2-tail) 0,001 <0,05 yang menunjukan H0 ditolak. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi buku saku digital berbasis android pada mata pelajaran pemrograman dasar dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi buku saku digital berbasis android. Hasil respon siswa terhadap aplikasi buku saku digital berbasis android adalah 79,59%. Hasil ini menunjukan bahwa aplikasi buku saku digital berbasis android layak digunakan sebagai alat pembelajaran. Dengan kata lain aplikasi buku saku pembelajaran pemrograman dasar ini mendapat tanggapan yang baik dari siswa kelas X SMK Negeri 1 Sidayu Gresik.
Kata Kunci: Buku Saku Digital, Media Pembelajaran, Android, Pemrograman Dasar, Hasil Belajar
The development of a Android-based digital pocket book application for basic programming subject is aims to (1) Know the feasibility of an android-based digital pocket book application on basic programming subject (2) Knowing the results of students learning by using android-based digital pocket book application with students who do not use an android-based digital pocket book application as a medium to learn basic programming subjects for tenth grade (3) Knowing student responses to android-based digital pocket book applications on basic programming subjects.
This study uses the R&D (Research and Development) method. According to the results of validation, in terms of eligibility which validated by experts, the application has obtained 98% of rating results, the rating results of RPP has obtained 85.5%, and the questions of posttest that used for data collection has obtained 87.3% of rating results. It can be concluded that the result of the validation of this study have met the eligibility percentage. Then, the learning outcomes of students is revealed through the results of the posttest which given to 68 students of SMK 1 Sidayu Gresik, the students who have used the application obtain a greater average score of 77.941 compared to students who do not use the application with an average score of 66,544.
The result of the T test of this study has obtained significance value (2-tail) of 0.001 <0.05 which indicates that H0 is rejected. In conclusion, there are significant differences between students who have used an android-based digital pocket book application with students who do not use it, as learning media on basic programming subject. The results of student responses to the android-based digital pocket book application are 79.59%. These results indicate that the application of an android-based digital pocket book is worthy of being used as a learning tool. In other words, the pocket book application of basic programming learning received a good response from class X TKJ students of SMK Negeri 1 Sidayu Gresik.
Keywords: Digital Pocket Book, Learning Media, Android, Basic Programming, Learning Outcomes