KOMPARASI TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK DI SEKOLAH DITINJAU DARI PENDIDIKAN IBU
ABSTRAK
Nama : Nisaul Adillah
NIM : 18010684049
Program Studi : Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Nurhenti Dorlina Simatupang, M.Sn
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kemandirian anak di sekolah berdasarkan pendidikan ibu. Populasinya adalah 80 anak TK A. Sampel juga berjumlah 80 anak TK A. Jenis penelitiannya adalah penelitian komparatif analitik. Metode pengumpulan data adalah kuesioner tertutup. Uji validasi dilakukan oleh ahli dan uji validitas dilakukan dengan uji coba instrumen hasilnya valid tiap butir instrumennya. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Cronbach Alpha dan menghasilkan nilai 0.962 > nilai yang ditetapkan 0.60 sehingga datanya reliabel. Data penelitian dianalisis dengan uji hipotesis komparatif one-way anova yang menghasilkan nilai signifikansi 0.360 > 0.05 artinya H0 (tidak ada perbedaan kemandirian anak di sekolah ditinjau dari pendidikan ibu) diterima dan H1 (ada perbedaan kemandirian anak di sekolah ditinjau dari pendidikan ibu) ditolak. Simpulan hasil penelitian ini adalah tidak ada perbedaan tingkat kemandirian anak di sekolah ditinjau dari pendidikan ibu.
Kata kunci: Kemandirian anak, pendidikan ibu, anak usia dini.
ABSTRACT
COMPARISON OF CHILDREN’S LEVEL OF INDEPENDENCE AT SCHOOL IN TERMS OF MOTHER’S EDUCATION
Name : Nisaul Adillah
Study Program : Early Childhood Edcation
Faculty : Faculty of Education
Institute : State University of Surabaya
Supervisor : Dra. Nurhenti Dorlina Simatupang, M.Sn.
This study aims to determine differences in the level of independence of children at school based on mother's education. The population is 80 Kindergarten children. The sample is also 80 Kindergarten children. This type of research is comparative analytic research. The data collection method is a closed questionnaire. The validation test was carried out by experts and the validity test was carried out by testing the instrument, the results were valid for each instrument. Data were analyzed using one-way anova comparative hypothesis testing which yielded a significance value of 0.360 > 0.05 meaning that H0 (There is no difference in children's independence at school in terms of maternal education) was accepted and H1 (There are differences in children's independence in school in terms of maternal education) was rejected. The conclusion of the results of this study is that there is no difference in the level of independence of children at school in terms of mother's education.
Keywords: Children’s independence, mother’s education, early childhood.