Pengaruh Penggunaan Kosmetika Skincare Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa
Motivation for Using Skincare Cosmetics among Students
Kegiatan observasi dilingkup Universitas Negeri Surabaya, diketahui mahasiswa lebih banyak menggunakan kosmetika skincare untuk stiap masalah wajah yang dialami masing masing, hal tersebut berpengaruh terhadap motivasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengakaji penggunaan kosmetika skincare terhadap motivasi mahasiswa. Pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa rumpuk PKK angkatan 2022 dengan sampel mahasiswa yang memiliki tampilan kulit wajah glowing atau bermasalah, sampel yang diambil 30% dari jumlah keseluruhan. Instrumen penelitian yaitu instrumen angket dengan analisis data menggunakan persentase dan uji one sample t-test. Hasil penelitian diperoleh motivasi mahasiswa terhadap penggunaan kosmetika skincare dengan menggunakan angket yang disebarkan melalui gform menunjukkan rata-rata 73,66% dengan kategori baik yang terdiri dari topik dorongn kebutuhan akan memiliki produk, dorongan kebutuhan akan menggunakan produk, dorongan untuk menunjang penampilan, dorongan akan trend dilingkungan sosial dan dorongan kegemaran akan produk.
From observation activities at Surabaya State University, it was discovered that students used more skincare cosmetics for every facial problem they each experienced, this had an effect on student motivation. This research aims to examine the use of skincare cosmetics on student motivation. The approach used is descriptive with quantitative methods. The population in this study were students from the 2022 class of PKK class with a sample of students who had glowing or problematic facial skin, the sample taken was 30% of the total number. The research instrument is a questionnaire instrument with data analysis using percentages and one sample t-test. The research results showed that students' motivation towards using skincare cosmetics using a questionnaire distributed via gform showed an average of 73.66% with the good category consisting of topics: encouragement of the need to own the product, encouragement of the need to use the product, encouragement to support appearance, encouragement to trends in the social environment and encouragement of product craze.