STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM
MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA
MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 3 SURABAYA
Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi
pembelajaran guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa,
untuk mengetahui faktor pendorong maupun penghambatan dalam
Penerapan strategi pembejaran guru dalam meningkatkan
keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMAN 3
Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan
Pendekatan metode kualitatif desain deskriptif. Informan
penelitiannya adalah Guru PPKn dan Siswa kelas X dan XI SMAN 3
Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian
Strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan kekatifan
belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMAN 3 Surabaya
yaitu dengan cara menganalogikan secara langsung materi
pembelajaran dengan hal-hal yang ada di sekitar siswa, sikap
mengajar guru dalam menempatkan diri sebagai siswa dan
membuat nyaman siswa, mengelola kelas, serta adanya
kreatifitas guru dalam penggunaan media pembelajaran.
Keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran dapat menambah
semangat dan kembangkan bakat yang dimiliki untuk berani
mengungkapkan apa yang terlintas dalam pikiran. Faktor
pendukung guru diantaranya adanya kesiapan diri guru sebelumnya
mengajar, sikap mengajar guru saat di kelas, penguasaan materi
yang baik oleh guru, guru mengenali karakteristik siswa maupun kelas dengan baik serta kreatifitas guru dalam penggunaan media
pembelajaran, dan faktor penghambat guru meliputi adanya
karakteristik kelas yang jiwa kompetitif nya kurang dan suasana
hati siswa ketika pembelajaran.
Kata kunci : Strategi Pembelajaran Guru, Keaktifan Belajar Sisa,
Pembelajaran PPKn
The research aims to determine the teacher's learning strategi un improve student learning activities, to determine the driving factory as well as obstacles in the application of teacher learning STRATEGIES in increasing active learning students in PPKn subjects Ar SMAN 3 Surabaya. This Type of research is research subjects field with a descriptive qualitative method approach the research subjects were civics teacher's and class X and xl students of SMAN 3 Surabaya. Data collection techniques using observation, interview and documentation. Based on the results of the research that startegy teacher learning in increasing student learning activity in civics subjects at SMAN 3 Surabaya, namely by direct analogy of learning material with the things that are around him, the teacher's teaching attitude in placing himself as students comfortable as students, class management , as well as the creativity possesed by teacher's in the use of learning mediam active student learning in the process learning can increase enthusiast and develop the talenta the have for dare to say what comes tomind. Supporting factory and teacher's obstacles in increasing students learning activity at SMAN 3 Surabaya include which consists of internal factory and external factory
Kord: teacher learning STRATEGIES, remaining active learning, civics learning