PENGEMBANGAN MEDIA REMI BERGAMBAR
PADA TEMA 5 PAHLAWAN-KU KELAS IV SEKOLAH DASAR
Media Remi Bergambar merupakan media berupa kartu yang digunakan untuk sarana atau perantara guru menyampaikan materi yang akan disampaikan pada peserta didik khususnya pada peserta didik kelas IV Sekolah dasar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran Remi Bergambar dan untuk mengetahui perkembangan media tersebut. Batasan Penelitian : Penelitian ini dilakukan hanya sebatas validasi materi dan validasi media kepada dosen ahli materi dan media yang sudah ditunjuk oleh peneliti karena pandemic yang tidak kunjung usai sehingga mengakibatkan kesulitan apabila melakukan penelitian langsung terhadap peserta didik Sekolah Dasar. Metode: Penelitian ini menggunakan metode angket berupa instrument penilaian yang akan diberikan pada dosen ahli materi dan dosen ahli media sehingga dari angket tersebut peneliti dapat mengetahui nilai yang didapat termasuk dalam kategori valid atau belum valid. Hasil : Dari lembar validasi mendapatkan hasil skor sebesar 75% untuk validasi ahli materi yang berkategorikan cukup valid dan mendapat hasil skor sebesar 80.9% untuk validasi ahli media yang berkategorikan sangat valid. Kesimpulan : Media Remi Bergambar merupakan media yang sangat layak untuk diterapkan dan digunakan dalam pembelajaran dengan revisi yang relative kecil.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Remi Bergambar, Tematik
Pictorial remi media is a media in the form of cards that are used for means or intermediaries for teachers to deliver material to be conveyed to students, especially for grade IV elementary school students. Purpose: This study aims to determine the vaidity of pictorial Remi learning media and to determine the development of the media. Research Limitation: This research was carried out only in terms of material validation and media validation to material and media expert lectures who had been appointed by the researcher because the pandemic did not end, resulting in difficulties when conducting direct research on elementary school students. Methods: This study use a questionnaire method in the form of an assessment instrument that will be given to material expert lectures and media expert lectures so that from the questionnaire the researcher can find out the value obtained is included in the valid or not yet valid category. Result: From the validation sheet, you get a score of 75% for material expert validation which is categorized as quite valid and gets a score 80.9% for validation of media experts which is categorized as very valid. Conclusion: Pictorial remi media is a medium that is very feasible to be applied and used in learning with a relatively small revision.
Keywords: Development, Pictorial Remi Media, Thematic.