The Effect of Using Speech Reading Methods on Vocabulary Mastery of Childern with Special Needs for Deafness
Anak berkebutuhan khusus tunarungu mengalami kesulitan mendapatkan informasi serta menyampaikan informasi dengan baik dan benar. Dengan metode membaca ujaran anak tunarungu mampu memeroleh kosakata yang diajarkan oleh lawan bicara. Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) Penggunaan metode pembaca ujaran dalam pembelajaran penguasaan kosakata ABK tunarungu; (2) Pengaruh penggunaan metode membaca ujaran terhadap penguasaan kosakata pada anak berkebutuhan khusus tunarungu. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah dua anak berkebutuhan khusus tunarungu, satu laki-laki berinisial AAI 15 tahun dan satu perempuan berinisial FA berusia 20 tahun. Keduanya mempunyai tingkat ketunarunguan sedang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah observasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa hasil uji coba penerapan metode membaca ujaran dan kosakata yang diperoleh subjek penelitian. Data dianalisis dengan tekknik deskriptif dan persentase. Hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan metode membaca ujaran pada penguasaan kosakata yang diterapkan pada kedua subjek telah dilakukan pada pembelajaran dan kehidupan sehari-hari oleh pengajar dan oleh lingkungan sekitar dan (2) Subjek telah menguasai kosakata yang didapatkan dengan cara menerapkan metode membaca ujaran dengan baik, tetapi penguasaan kosakata yang didapatkan oleh salah satu subjek telah berkembang, sedangkan pada subjek satunya tidak mampu berkembang dikarenakan pengaruh faktor dari lingkungan.
Kata kunci : artikel, anak tunarungu, kemampuan membaca ujaran
Children with special hearing impairments have difficulty getting information and conveying information properly and correctly. With the method of reading the speech of deaf children are able to obtain vocabulary taught by the interlocutor. This article was written with the aim of describing (1) the use of speech reader methods in learning deaf vocabulary mastery; (2) the effect of using the utterance reading method on vocabulary mastery in children with special hearing impairments. The approach used in writing this research is descriptive quantitative. The subjects of this study were two children with hearing impaired special needs,one boy with the initials AAI 15 years old and one girl with the initials FA 20 years old. Both have moderate-to-purple levels. Data collection techniques used in writing this article are observation and interviews. The data collected is in the form of a trial of the application of the speech reading method and vocabulary obtained by research subjects. Data were analyzed with descriptive and percentage techniques. The results of this study are (1) the use of the utterance reading method in vocabulary mastery applied to both subjects has been carried out in learning and daily life by the instructor and by the surrounding environment and (2) they have mastered the vocabulary obtained by applying the utterance reading method well, but the vocabulary mastery acquired by one of the subjects has developed, whereas the one subject was unable to develop due to the influence of environmental factors
Keywords: article, deaf child, speech reading ability