EFEKTIVITAS MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI MENGGAMBAR KONSTRUKSI DENGAN PERANGKAT LUNAK
EFFECTIVENESS OF MODELS AND LEARNING MEDIA ON CONSTRUCTION DRAWING COMPETENCIES WITH SOFTWARE
Kesulitan belajar dalam menggambar konstruksi dengan perangkat lunak AutoCAD menjadi permasalahan yang menghambat peserta didik untuk mencapai ketuntasan hasil belajar. Relevansi yang cukup kuat pada kompetensi keahlian menggambar konstruksi dengan perangkat lunak terhadap kebutuhan kompetensi sebagai drafter, mendorong peserta didik untuk mencapai ketuntasan hasil belajar. Penggunaan model dan media pembelajaran yang tepat, diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model dan media pembelajaran yang efektif pada kompetensi menggambar konstruksi dengan perangkat lunak. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive, sehingga diperoleh 9 jurnal penelitian terdahulu yang relevan. Analisis keefektifan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan effect size setelah melakukan pemberian kode pada jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif memiliki efektivitas paling tinggi dengan perolehan effect size sebesar 0,918. Tingkat efektivitas model pembelajaran adalah sebagai berikut: pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada model pembelajaran langsung, dan model pembelajaran langsung lebih efektif daripada model pembelajaran berbasis masalah. Media pembelajaran yang paling efektif terhadap Kompetensi Menggambar Konstruksi dengan Perangkat Lunak adalah media model/miniatur dengan perolehan effect size sebesar 0,956. Tingkat efektivitas media pembelajaran adalah sebagai berikut: media model/maket lebih tinggi daripada media cetak, media cetak lebh efektif daripada media visual 3D, media visual 3D lebih efejtif daripada media audiovisual, dan media audiovisual lebih efektif daipada media interaktif.
Kata Kunci: kesulitan belajar, efektivitas, model dan media pembelajaran, menggambar konstruksi dengan perangkat lunak, meta analisis, effect size.
Learning difficulties in drawing construction with AutoCAD software becomes a problem that inhibits learners to achieve the completion of learning outcomes. Strong relevance to the competence of construction drawing skills with software to the needs of competence as a drafter, encouraging learners to achieve the completion of learning outcomes. The use of appropriate learning models and media is expected to overcome these problems. This research aims to find out effective learning models and media on the competence of drawing construction with software. This research uses a meta-analysis method. The selection of samples was conducted by purposive sampling technique, so that 9 previous research journals were obtained that were relevant. Analysis of the effectiveness of learning is done using effect size after giving code in the journal. The results showed that the cooperative learning model had the highest effectiveness with an effect size of 0.918. The effectiveness of the learning model is as follows: cooperative learning is higher than the direct learning model, and the direct learning model is more effective than the problem-based learning model. The most effective learning medium for Construction Drawing Competence with Software is model / miniature media with an effect size of 0.956. The level of effectiveness of learning media is as follows: model/mock media is higher than print media, print media is more effective than 3D visual media, 3D visual media is more effective than audiovisual media, and audiovisual media is more effective in interactive media.
Keywords: learning difficulties, effectiveness, models and learning media, drawing construction with software, meta-analysis, effect size.