ABSTRAK
Larasakti, Lestari. 2018. Pengembangan Aplikasi Karaoke Score Berbasis Android untuk Pembelajran Bernyanyi Di SMP. Program studi Pendidikan Seni Budaya. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (1) Dr. Warih Handayaningrum, M.Pd dan (II) Dr. Djuli Djatiprambudi, M.Sn.
Kata Kunci : Aplikasi Karaoke Score, Pembelajaran Bernyanyi
Aplikasi karaoke score pada pembelajaran seni budaya (seni musik) untuk pembelajaran bernyanyi di SMP merupakan media yang dirancang untuk pembelajaran mata pelajaran seni budaya bagi siswa-siswi SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan tentang: (1) proses pengembangan aplikasi karaoke score berbasis android untuk pembelajaran bernyanyi di SMP, (2) kualitas produk pengembangan aplikasi karaoke score berbasis android untuk pembelajaran bernyanyi di SMP, Kajian konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep media pembelajaran, konsep aplikasi, konsep karakteristik pembelajaran bernyanyi di SMP.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE pengembangan yang digunakan sebagai acuan peneliti ada 5 tahap, yakni (1) analisis, (2)desain, (3) development, (4) implementation, (5) Evaluation.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan penilaian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik kuantitatif khususnya untuk validasi dan angket yang kemudian dideskripsikan, serta deskriptif kualitatif khususnya untuk teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan aplikasi karaoke score berbasis android untuk pembelajaran bernyanyi di SMP meliputi (a) analisis kesenjangan kinerja yakni siswa hampir semua memiliki gadget android, tujuan pengajaran yakni meningkatkan kemampuan siswa dalam bernyanyi, analisis pebelajar yang serentak memiliki media gadget, analisis materi bernyanyi yang merupakan materi dasar yang penting dalam seni music (b) desain, pada tahap ini penulis merancang produk aplikasi karaoke score (c)development, peneliti melakukan uji coba kelompok kecil (e) implementation, produk akan di implementasikan pada siswa dalam pembelajaran seni budaya (f) evaluation, produk direvisi sesuai saran ahli dan respon dari guru serta siswa pada ujicoba terbatas, uji coba kelompok besar, dilakukan ujicoba dengan skala yang lebih luas yakni 62 siswa kelas VII A, VII B, VII C, VII D SMP Negeri 2 Sukodono. Produk Jadi, Aplikasi Karaoke score telah siap untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran setelah melalui validasi dan ujicoba (2) kualitas produk pengembangan aplikasi karaoke score layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis efektifitas pembelajaran skala kecil dan skala besar berdasarkan output SPSS diperoleh nilai probabilitas signifikansi <0,05 maka kesimpulan H0 dan H1 diterima. Hal ini terbukti bahwa terdapat perbedaan pre test dan post test hasil belajar dengan menggunakan aplikasi karaoke score. Selanjutnya nilai peningkatan produktivitas siswa dalam pembelajaran seni music menggunakan aplikasi karaoke score berbasis android dapat dihitung sebagai berikut: presentase peningkatan = nilai rata-rata awal (45.6) nilai rata-rata akhir (83.7) nilai kenaikan (38.1) presentase kenaikan (83,6%).
ABSTRACT
Larasakti, Lestari. 2018. Development of Karaoke score Application Based on Android for Singing Lesson in Junior High School. Art and Cultural Education Program. Postgraduate Program. State University of Surabaya, Advisor: (1) Dr. Warih Handayaningrum, M.Pd and (II) Dr. Djuli Djatiprambudi, M.Sn.
Keywords: Karaoke score Application, Singing Learning
The karaoke score application for learning art culture (art music) for singing learning in junior high school is a media, which designed for learning art and culture lesson for junior high school students. This study aims to elaborate; (1) the development process of an android-based karaoke score application for singing lesson in junior high school, (2) quality of android-based karaoke score application development product for singing lesson in junior high school. Moreover, this research used media learning, application, and characteristics of singing lesson in junior high school as concepts of the study.
This developmental research used ADDIE development model. There were five stages of development which is used as a reference; 1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, and (5) evaluation.
Moreover, this research used observations, interviews, questionnaires, documentations, and assessments to collect the data. Furthermore, this research used statistic quantitative and descriptive qualitative for analyzing the data. Statistic quantitative used specifically for validation and questionnaires, which were then described, while descriptive qualitative used for the data collected through observations and interviews.
The results of the research showed that: (1) the development process of an android-based karaoke score application for singing lesson in junior high school includes; (a) an analysis about the students’ performance gaps, where nowadays almost all of the students have gadgets with android program, the purpose of the teaching learning process is to improve students' singing skills, an analysis of students who possessing gadgets, an analysis of singing material which is the most important basic material in music (b) design, at this stage the researcher designed the karaoke score application (c) development product, the researcher conducted a small group trial (e) implementation, after this the product is revised at this stage (f) evaluation, the product is revised according to advice from expert and based on the response from the teacher and students in the limited trial, and large group trials, broader scale trial of 62 students in class VII A, VII B, VII C , VII D SMP Negeri 2 Sukodono will be conducted. Moreover, the finished products, Karaoke score applications are ready to use in learning activities after going through the validation and testing (2) the quality development product of karaoke score application is suitable to use for learning. This can be seen from the analysis of effectiveness results of small-scale and large-scale learning based on SPSS output, obtained a significance probability value <0.05, the conclusions H0 and H1 are accepted. It is the evidence that there are differences in the pre test and post test results of the learning results by using the karaoke score application. Furthermore, the value of student productivity in music lesson increased by using the android-based karaoke score application can be calculated as follows: percentage increase = initial average value (45.6) final average value (83.7) increase value (38.1) percentage increase (83.6 %).