PENGEMBANGAN BUKU BERJENJANG TEKS EKSPLANASI
UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SMP
DEVELOPMENT OF BOOK LEVELING EXPLANATION-TEXT TO IMPROVE READING SKILLS OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah tingkat kemampuan membaca siswa SMPN 3 Babat yang kurang baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kurangnya minat baca siswa. Hal itu berdasarkan respon siswa ketika melaksanakan kegiatan literasi membaca lima belas menit sebelum mata pelajaran dimulai sebelum terjadi pandemi Covid 19 di Indonesia. Alternatif yang dapat dilakukan adalah memberikan buku bacaan yang disenangi siswa dan sesuai tingkat kemampuan membaca siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku berjenjang teks eksplanasi untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reseacrch and Development), desain eksperimen (before-after). Subjek penelitian adalah tujuh siswa setiap tingkat kelas. Pengumpulan data melalui angket validasi, serta lembar soal pre-test dan post-test. Teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian berupa pengembangan tiga tingkat buku berjenjang teks eksplanasi, yaitu jenjang E untuk kelas tujuh, jenjang F untuk kelas delapan, dan jenjang G untuk kelas sembilan. Kelayakan isi, bahasa dan grafika, kesesuaian keterbacaan dari perhitungan formula grafik fry, serta hasil perbandingan post-test dan pre-test menunjukkan bahwa buku berjenjang teks eksplanasi dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa mbaca. Kata kunci : Buku Berjenjang, teks eksplanasi, kemampuan membaca
This research was based on the problem of poor reading ability of SMPN 3 Babat students. One of the factors that influences are the lack of interest in students' reading. It is based on students' responses when carrying out reading literacy activities fifteen minutes before the subjects began before the COVID-19 pandemic in Indonesia. An alternative is to provide a reading book that students love and according to their reading ability level. The purpose of this research is to develop tiered books with explanatory to improve students' reading ability. Research using research and development methods (Research and Development), experimental design (before-after). The subjects of the study were seven students at each grade level. Data collection through validation questionnaires, as well pre-test and post-test question sheets. Descriptive statistical data analysis techniques. The study results in developing three levels of book leveling explanatory-text, namely level E for the seventh grade, level F for the eighth grade, and level G for the ninth grade. Feasibility of content, language, graphics, the suitability of readability of fry chart formula calculations, and post-test and pre-test comparison results show that book leveling explanation-text can improve students' reading ability. Keywords: Book leveling, explanation text, reading ability