Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient
Mathematical Connection Ability of Students in Solving Mathematical Problems in Terms of Adversity Quotient
Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan dalam Memecahkan masalah matematika. Dalam memecahkan masalah, setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam menyelesaikannya. Hal tersebut dikarenakan, setiap siswa memiliki kecerdasan dalam menyelesaikan masalah yang berbeda-beda. Kecerdasan ini dikenal dengan Adversity Quotient (AQ). terdapat tiga tingkatan AQ yaitu climbers, campers, dan quitters. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dalam Memecahkan masalah matematika ditinjau dari AQ. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di Kelas IX MTs Negeri Gresik yang terdiri atas tiga siswa yang memiliki tingkatan AQ berbeda. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas angket ARP, TPM dan pedoman wawancara. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa: pada tahap memahami masalah, siswa climbers dan campers dapat menceritakan kembali dengan bahasanya sendiri berbeda dengan siswa quitters yang mengubah bahasa soal dengan arti yang berbeda, pada tahap menyusun rencana, siswa climbers memahami keterkaitan masalah dengan konsep matematika dan kehidupan sehari-hari serta menyusun rencana dengan cukup runtut dan jelas sedangkan siswa campers dan quitters memahami keterkaitan masalah dengan konsep matematika dan kehidupan sehari-hari serta menyusun rencana dengan cukup baik, pada tahap melaksanakan rencana, siswa climbers dan campers dapat menemukan jawaban yang benar sedangkan siswa quitters menemukan jawaban yang belum benar, pada tahap melihat kembali, siswa climbers melakukan pengecekan kembali sehingga dapat memberikan kesimpulan yang tepat sedangkan siswa campers dan quitters tidak melakukan pengecekan kembali namun dapat memberikan kesimpulan yang cukup tepat.
Kata Kunci : kemampuan koneksi matematis, masalah matematika, Memecahkan masalah, adversity quotient
Mathematical connection ability is one of the abilities needed in solving mathematical problems. In solving problems, each student has a different way of solving it. This is due to the variety of intelligence that the students possess. This intelligence is known as Adversity Quotient (AQ). There are three levels of AQ namely climbers, campers, and quitters. This study aimed to describe the students' mathematical connections ability in solving mathematical problems related to their AQ. This research is a descriptive study with a qualitative approach carried out in Class IX of MTs Negeri Gresik consisting of three students who have different levels of AQ. The research instrument used consisted of the Adversity Response Profile (ARP) questionnaire, problem solving Test, and interview guidelines. The results of this study indicate that: at the stage of understanding the problem, climbers and campers subjects could retell with their language different from quitters subjects who change the language of questions with different meanings, at the stage of preparing a plan, climbers subjects understand the relationship of problems with mathematical concepts and life everyday and plan quite coherently and clearly while campers and quitters subjects understand the relationship of problems with mathematical concepts and everyday life and plan quite well, at the stage of implementing the plan, climbers and campers subjects could find the right answers while quitters subjects find the answers that are not yet correct, in the stage of looking back, climbers subjects do the checking again so that they could give the right conclusions while the campers and quitters subjects do not do the checks again but could provide conclusions that are quite precise.
Keywords: Mathematical connection ability, mathematical problems, problem solving, adversity quotient