IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI SMKN 1 BUDURAN SIDOARJO
IMPLEMENTATION OF INTEGRATED QUALITY MANAGEMENT IN EFFORTS TO IMPROVE CUSTOMER SATISFACTION AT SMKN 1 BUDURAN SIDOARJO
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di SMKN 1 Buduran Sidoarjo. Fokus penelitian ini yakni Implementasi manajemen mutu terpadu dalam bidang pelayanan, Implementasi manajemen mutu terpadu dalam bidang pendidik dan tenaga kependidikan, dan Faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen mutu terpadu meningkatkan kepuasan pelanggan di SMKN 1 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, peenyajian data dan menarik kesimpulan, sedangkan uji keabsahan datanya yakni dengan peningkatan keseriusan, triangulasi, member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Fokus pada pelanggan, SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo terus berusaha memberikan pelayanan terbaik, baik dibidang administrasi maupun akademik. Hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran juga dijalankan dengan baik, begitu juga dengan kegiatan-kegiatan ekstrakurikulernya, 2) Pendidikan dan pelatihan, guru mengikuti pelatihan dan pendidikan yang dilakukan didalam dan diluar sekolah yaitu pelatihan dan pendampingan kurikulum, musyawarah guru mata pelajaran, pelatihan pembuatan RPP.
Kata Kunci: Implementasi, Manajemen Mutu Terpadu, Kepuasan Pelanggan
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the Implementation of Integrated Quality Management in an Effort to Increase Customer Satisfaction at SMKN 1 Buduran Sidoarjo. The focus of this research is the implementation of integrated quality management in the service sector, the implementation of integrated quality management in the field of educators and education personnel, and the supporting and inhibiting factors for the implementation of integrated quality management to increase customer satisfaction at SMKN 1 Buduran Sidoarjo. This research uses a qualitative approach. The data collection methods used were observation methods, in-depth interviews and documentation studies. The data analysis technique used was data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions, while the data validity test was done by increasing seriousness, triangulation, and member check. The results of this study indicate that 1) Focus on customers, SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo continues to strive to provide the best service, both in the administrative and academic fields. Matters related to learning are also carried out well, as well as extracurricular activities, 2) Education and training, teachers participate in training and education carried out inside and outside of school, namely training and curriculum assistance, subject teacher deliberations, making training RPP.
Keywords: Implementation, Integrated Quality Management, Customer Satisfaction