ABSTRAK
PENGEMBANGAN
MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN DAN ALAT MATERI
MEMBUAT PATUNG 3D KELAS X JURUSAN ANIMASI
SMKN
12 SURABAYA
Nama :
M. Risky Arungga A.P
NIM :
14010024006
Program Studi : S-1
Jurusan : Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Utari Dewi, S.Sn, M.Pd.
Berdasarkan
studi pendahuluan awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas X Animasi SMKN 12 Surabaya
ditemukan masalah pada proses belajar mengajar di kelas. Materi Membuat patung
3D dari plastisin ini akan sangat menarik untuk siswa jika menggunakan media
video. Dengan demikian diperlukannya media video tutorial untuk materi membuat
patung 3D dari plastisin, sehingga materi yang disampaikan dapat lebih mudah
dipahami setelah siswa menonton video tersebut.
Tujuan
penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan media video tutorial Membuat
Patung 3D dari Plastisin (2) Mengetahui keefektifan media video tutorial
Membuat Patung 3D dari Plastisin dalam pembelajaran.
Dalam
penelitian ini model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan
R&D (Research and Development) oleh Borg & Gall (Sugiyono, 2010:409)
karena model ini mengacu komponen-komponen pada produk yang akan dikembangkan
yaitu media video. Model pengembangan ini terdiri dari Potensi & masalah,
Pengumpulan data, Desain produk, Validasi desain, Revisi desain, Uji coba
produk, Revisi produk, Uji coba pemakaian, Revisi produk, Produksi massal. Pada
penelitian ini digunakan instrument lembar wawancara terstruktur kepada ahli
dan uji coba produk kepada siswa untuk mengetahui kelayakan dan kefektifan
media, serta menggunakan pre test dan post test yang dihitung menggunakan rumus
uji t untuk mengetahui keefektifan media terhadap pembelajaran.
Berdasarkan
pada validasi ahli media dan materi serta serangkaian uji coba kepada siswa
mendapat kategori sangat baik, sehingga media dapat dikatakan layak digunakan
dalam pembelajaran. Hasil penghitungan menggunakan rumus uji t menunjukkan
bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel 7,60 > 0,05 . Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini, media efektif untuk
digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata kunci :
Pengembangan, Video, Membuat Patung 3D dari Plastisin
ABSTRACT
DEVELOPMENT OF A VIDEO TUTORIAL MEDIA SUBJECT TO MATERIAL KNOWLEDGE AND MATERIAL TOOLS MAKING 3D SCULPTURES FROM PLASTICINE FOR THE CLASS X ANIMATION
SMKN 12 SURABAYA
Name :
M. Risky Arungga A.P
NIM :
14010024006
Study Program : S-1
Departement : Curriculum and Educational Technology
Faculty : Faculty of Science
Instution : State University of Surabaya
Preceptor : Utari Dewi, S.Sn, M.Pd.
Based
on preliminary studies conducted by researchers in the X Animation class of
SMKN 12 Surabaya, problems were found in the teaching and learning process in a
class that was less than optimal. Material Making a 3D sculpture of plasticine
will be very interesting for students if they use video media. Thus the need
for video tutorial media for 3D sculpture material from plasticine, so that the
material presented can be more easily understood after students watch the
video.
The
purpose of this study are (1) Knowing the feasibility of media video tutorials
Making 3D Sculpture from Plasticine (2) Knowing the effectiveness of media
video tutorials Making 3D Sculpture from Plasticine in learning.
In
this study the development model used is a model of R & D (Research and
Development) development by Borg & Gall (Sugiyono, 2010: 409) because this
model refers to the components in the product to be developed, namely video
media. This development model consists of potential & problems, data
collection, product design, design validation, design revision, product trial,
product revision, usage test, product revision, mass production. In this study
used instrument structured interview sheets to experts and product trials to
students to determine the feasibility and effectiveness of the media, and using
pre test and post test calculated using the t test formula to determine the effectiveness
of the media on learning.
Based
on the validation of media and material experts as well as a series of trials
to students get a very good category, so that the media can be said to be
feasible to use in learning. The results of the calculation using the t test
formula shows that t count is greater than the t table 7.60 > 0.05. Based on
these results it can be concluded that in this study, effective media for use
in learning activities.
Keywords: Development, Video, Making 3D Sculpture
from Plasticine