ANALYSIS TRAINER INJECTION PUMP TYPE VE ISUZU PANTHER
ABSTRAK
Penggunaan mesin diesel pada kendaraan bermotor memang kalah populer dibandingkan mesin bensin. Meski begitu, jangkauan pemakaiannya lebih luas. Penginjeksian bahan bakar dapat diibaratkan sebagai jantung seluruh sistem yang ada pada mesin diesel. Belum adanya trainer pompa injeksi tipe VE di Lab. Motor Diesel Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. Dengan adanya trainer dapat memudahkan bagi mahasiswa untuk memahami, mengenal, dan menganalisa hal-hal yang telah dipelajari secara teori. Berdasarkan alasan diatas maka pada Tugas Akhir (TA) ini kami membuat dan melakukan analisa pengaruh variasi rpm pada pompa injeksi tipe VE terhadap volume bahan bakar yang diinjeksikan.
Pengujian yang digunakan dalam analisa trainer pompa injeksi tipe VE Isuzu Panther menggunakan metode eksperimen (experimental research). Analisa ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi rpm pada pompa injeksi tipe VE terhadap volume bahan bakar yang diinjeksikan, untuk mengetahui pengaruh pergeseran posisi pada adjusting lever terhadap volume bahan bakar, dan untuk mengetahui pengaruh variasi rpm pompa injeksi tipe VE terhadap tekanan pada nozzle. Dengan variasi yang digunakan yaitu 800, 1200, 1400, dan 1800 rpm. Setelah dapat hasil maka akan diketahui volume bahan bakar yang diinjeksikan dalam setiap rpm pada pompa injeksi tipe VE kemudian dilakukan analisa, maka akan didapatkan kesimpulan yang bisa diambil berdasarkan data-data yang telah ada.
Dari hasil pengujian tekanan pompa di dapatkan hasil bahwa saat putaran mesin semakin tinggi maka tekanannya akan semakin menurun, sedangkan untuk konsumsi bahan bakar yang dihasilkan pada rpm 800, 1200, 1400, 1800 di dapatkan hasil bahwa saat rpm semakin tinggi maka hasil bahan bakar yang dikonsumsi semakin banyak. Kemudian untuk pengujian posisi adjusting lever di dapatkan bahwa pergeseran adjusting lever mempengaruhi volume bahan bakar yang dihasilkan. Pada rpm yang sama dengan posisi adjusting lever yang berbeda maka hasil dari volume bahan bakarnya pun berbeda. Pada bukaan posisi adjusting yang lebih besar itu yang lebih banyak volume bahan bakarnya di banding dengan posisi adjusting lever yang hanya membuka sedikit.
Kata Kunci: Analisa, Pompa Injeksi Tipe VE, Variasi Rpm, dan Volume Bahan Bakar
ABSTRACT
Using a diesel engine in a conversion vehicle is indeed less popular than a gasoline engine. Even so, the scope of use is winder, fuel injection can be likened to the heart of the entire system in a diesel engine. There is no VE type injection pump trainer in the Laboratorium Diesel Engine Mechanical Engineering Surabaya State University. With the trainer can make it easier for students to understand, recognize, and analyze the things that have been learned by theory. Based on the reasons above, in this final project we make and analyze variation in the VE type injection pump to the volume of fuel injected.
The test used in the design analysis of Isuzu Panther VE injection pump trainer uses experimental methods. This analysis aims to determine the effect of variations in rpm on the VE type injection pump on the volume of fuel injected, to determine the effect of shifting position on the control lever on the fuel volume, and to determine the effect of variations on variations. Injection pump type VE rpm at nozzle pressure. With variations in the rpm used, namely 800, 1200, 1400, and 1800 rpm. After getting the result, it will be known the volume of fuel injected at each rpm at the VE type injection pump and then carried out an analysis, then the conclusions can be drawn based on existing data.
From the results of pump pressure testing, the results show that when the engine speed gets higher, the pressure will decrease, while for the consumption of fuel produced at rpm 800, 1200, 1400, 1800 get the results that when the rpm is higher the results of fuel consumed more and more. Then for testing the position of the adjusting lever, it is found that the shift in the adjusting lever affects the volume of fuel produced. At the same rpm with different adjusting lever position of the larger adjusting lever which only opens slightly.
Keywords: Analysis, Injection Pump Type VE, Variation Of Rpm, and Fuel Volume