PROFIL KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
Profile of Elementary School Students' Spatial Ability in Solving Geometry Problems in terms of Mathematical Ability
ABSTRAK
Lestari. 2021. Profil Kemampuan Spasial Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto, M.Pd., dan (II) Dr. Agung Lukito, M.S.
Kata Kunci: Kemampuan Matematika, Kemmapuan Spasial, Geometri.
Kemampuan spasial sangat berkaitan erat dengan geometri. Kemampuan spasial mendukung pemahaman tentang dunia geometris. Komponen kemampuan spasial menurut Lawrie et al. (2016) terdapat tiga komponen yaitu: spatial visualization, mental rotation, dan spatial orientaion. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan spasial siswa SD dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah geometri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah di SDN Kebonagung Kecamatan Babat.
Hasil penelitian yang berpendekatan kualitatif ini menggunakan indikator kemmapuan spasial yang diadaptasi dari penelitian Lawrie et al. (2016) dilaksanakan dengan mengggunakan metode triangulasi waktu yakni membandingkan hasil tes dari siswa beserta wawancaranya dengan hasil tes yang setara dengan tes beserta wawancaranya pada waktu yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kemampuan tinggi, sedang dan rendah mempunyai kemampuan spasial yang berbeda dalam menyelesaikan tugas pemecahan masalah geometri. Siswa yang berkemampuan matematika tinggi lebih memahami tugas yang berhubungan dengan kemampuan spasial pada komponen mental rotation, sedangkan siswa yang berkemampuan matematika sedang lebih memahami tugas yang berhubungan dengan kemampuan spasial pada komponen spatial orientation, kemudian pada siswa yang berkemampuan matematika rendah kurang memahami tugas yang berhubungan dengan kemampuan spasial baik pada komponen spatial visualization, mental rotation , dan spatial orientation.
ABSTRACT
Lestari. 2021. Profile of Elementary School Students' Spatial Ability in Solving Geometry Problems in terms of Mathematical Ability. Thesis of basic education, postgraduate Program of Surabaya State University, Supervisor: (I) Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto, M.Pd., (II) Dr. Agung Lukito, M.S.
Keywords: Mathematical Ability, Spatial Ability, Geometry.
Spatial ability is closely related to geometry. Spatial abilities support understanding of the geometric world. The component of spatial ability according to Lawrie et al. (2016) there are three components, namely: spatial visualization, mental rotation, and spatial orientation. This study aims to describe the profile of elementary school students' spatial abilities with high, medium, and low math abilities in solving geometry problems. The subjects in this study were grade VI students with high, medium, and low math abilities at SDN Kebonagung, Babat District.
The results of this research using a qualitative approach used indicators of spatial abilities adapted from research by Lawrie et al. (2016) was carried out by using the time triangulation method, namely comparing test results from students and their interviews with test results that were equivalent to tests and interviews at different times. The results of this study indicate that high, medium and low ability students have different spatial abilities in solving geometry problem solving tasks. Students with high mathematical abilities better understand tasks related to spatial ability in the mental rotation component, while students with moderate math abilities understand more about tasks related to spatial ability in the spatial orientation component, then students with low math abilities do not understand tasks related to spatial orientation. spatial ability both in the components of spatial visualization, mental rotation, and spatial orientation.