ABSTRAK
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
BERBASIS KEARIFAN LOKAL BATIK TULIS GEDOG UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA
Nama : Fadlilatul
Atiqoh
NIM : 20030184060
Program Studi : S-1 Pendidikan
Fisika
Fakultas : Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri
Surabaya
Pembimbing : Mukhayyarotin Niswati Rodliyatul Jauhariyah, S.Pd.,
M.Pd
Sistem pembelajaran
di Indonesia saat ini berfokus pada penguatan keterampilan abad ke-21, salah
satunya keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis merupakan
keterampilan yang membuat peserta didik memperoleh pengetahuan baru melalui
proses kerja sama dan pemecahan masalah serta berfokus pada proses belajar
daripada pencapaian pengetahuan saja. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan lembar
kerja peserta didik (LKPD) berbasis kearifan lokal batik tulis gedog dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara sebelum dan
sesudah diaplikasikan (LKPD) berbasis kearifan lokal batik tulis gedog .
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis ,
Design , Development , Implementation , Evaluation ).
Pengumpulan data penelitian menggunakan metode angket, observasi, dan tes
keterampilan berpikir kritis yang diujicobakan kepada peserta didik kelas XI
MIPA 1 dan XI MIPA 2 di SMAN 1 Kerek. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kevalidan
LKPD berbasis kearifan lokal batik tulis gedog memperoleh skor rata-rata
PoA sebesar 96,32% dengan kategori sangat valid. Sedangkan kepraktisan LKPD
berbasis kearifan lokal batik tulis gedog ditinjau dari observasi
keterlaksanaan pembelajaran, diperoleh skor rata-rata 81,11% dengan kategori
sangat baik, dan angket respon peserta didik diperoleh skor rata-rata 81,82%
dengan kategori sangat baik serta uji keterbacaan LKPD diperoleh skor rata-rata
83,01% dengan kategori terbaca dengan baik. Selanjutnya keefektifan
LKPD berbasis kearifan lokal ditinjau dari peningkatan hasil pre-test dan
post-test peserta didik. Kelas eksperimen,mengalami peningkatan skor
rata-rata sebesar 33,09 dengan nilai n-gain sebesar 0,52 berkategori
sedang. Sedangkan pada kelas replikasi, mengalami peningkatan skor rata-rata
sebesar 26,7 dengan nilai n-gain sebesar 0,41 berkategori sedang juga.
Dengan demikian, disimpulkan bahwa LKPD berbasis kearifan lokal batik tulis gedog
dinyatakan valid, praktis, dan cukup efektif meningkatkan keterampilan berpikir
kritis peserta didik, sehingga LKPD berbasis kearifan lokal batik tulis gedog
untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dapat diterapkan
di SMA lain di wilayah Tuban.
Kata Kunci: LKPD, batik tulis gedog ,
keterampilan berpikir kritis, suhu dan kalor.