Pengendalian Internal atas Siklus Pendapatan pada PT. Lumajang Satwa Surabaya
Internal Control of Income Cycle in PT. Lumajang Satwa Surabaya
Berdirinya perusahaan memiliki tujuan untuk menghasilkan laba yang maksimal yang diperoleh dari kegiatan perusahaan terutama pada siklus pendapatan. Berbagai masalah akan timbul dalam setiap kegiatan perusahaan, baik masalah yang timbul dari luar perusahaan, maupun permasalahan yang timbul dari dalam perusahaan, untuk itu pengendalian internal berperan dalam mendeteksi dan mengatasi adanya permasalahan dalam internal perusahaan. Subjek penulisan ini adalah PT. Lumajang Satwa Surabaya, dalam pelaksanaan pengendalian internal perusahaan belum sepenuhnya menjalankan komponen pengendalian internal pemisah tugas dan tanggung jawab, pemantauan, dan penilaian risiko dalam pengendalian belum diterapkan dengan baik oleh perusahaan. Mengakibatkan adanya perangkapan tugas dan fungsi, pelimpahan tanggung jawab, dan tidak adanya divisi yang mengatur dan meramalkan penjualan. Untuk mengefisienkan dan mengefektifkan operasional perusahaan perusahaan sebaiknya menambahkan divisi penjualan, memberikan pelatihan, dan memberikan aturan terkait tugas dan tanggung jawab.
The establishment of the company has purpose to obtain maximum profit by the company’s activities, especially in the revenue cycle. Various problems will arise in every activity of the company, not only problems that arise from the outside of the company, but also problems that arise from within the company. Based on that fact, internal control has a role in detecting and solving any problems within the company. The subject of this writing is PT. Lampang Satwa Surabaya who have implemented several components of internal control, the company has not fully implemented the components of internal control, separation of duties and responsibilities, monitoring, and risk assessment in control has not been properly implemented by the company. It impacted to double duties and functions, delegation of responsibilities, and the absence of division who forecasting and organizing sales. The company will run effective and efficient, if they add sales division, provide training, and give regulation about a task and responsibility.