Hubungan Label Halal dan Kualitas Produk dengan Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah
The Relationship between Halal Label and Product Quality with the Purchasing Decision of Wardah Cosmetics Product
Perkembangan industri kosmetik di Indonesia yang cukup pesat disebabkan karena produk kosmetik telah menjadi kebutuhan primer di Indonesia yang sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam. Pesatnya perkembangan mengakibatkan adanya persaingan antar industri kosmetik di Indonesia. Persaingan tersebut membuat produk kosmetik Wardah tidak hanya mempertimbangkan kehalalan pada produknya melainkan juga kualitas produk yang diproduksi guna mendorong peningkatan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat assosiatif sehingga bermaksud untuk menyelidiki hubungan antara label halal dan kualitas produk dengan keputusan pembelian produk kosmetik Wardah khususnya di Surabaya. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden muslim pengguna produk kosmetik Wardah di Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis koefisien korelasi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan label halal dan kualitas produk memiliki hubungan kuat dan signifikan dengan keputusan pembelian produk kosmetik Wardah. Sedangkan secara parsial label halal dan kualitas produk memiliki hubungan sedang dan signifikan dengan keputusan pembelian produk kosmetik Wardah.
The development of Indonesia cosmetic industry is quite rapid because the cosmetic products have become primary needs in Indonesia which the population is predominantly muslim. This development caused competiitive competition between cosmetics brands in Indonesia. Because of this competition, Wardah cosmetics is not only considering about the halal label in its products but also the quality of the products itself to increase the consumer purchasing decisions. This research uses quantitativ methods that are associative so that it aims to investigate the relationship between halal labels and product quality with the purchasing decision of Wardah cosmetics, especially in Surabaya. The number of samples used is 100 muslim respondents who used Wardah cosmetics products in Surabaya. The data analysis technique used is multiple correlation coefficient analysis using SPSS version 25. The results of the study showed that simultaneously, halal labeling and product quality had strong and significant relationship with purchasing decision of Wardah cosmetic products. While partially, the halal labels and product quality had moderate and significant relationship with the purchase decision of Wardah cosmetics products.