Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) validitas, (2) kepraktisan, dan (3) Mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash untuk materi sistem pernapasan manusia kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembanngan (R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah one grup pre-test post-test design. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, tes, dan angket. Instrumen yang dikembangkan antara lain lembar validasi media, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon siswa, lembar tes hasil belajar ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi media mendapatkan persentase 71,76% dengan kriteria layak. Hasil keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan hasil persentase rata-rata total pertemuan 1 dan pertemuan 2 adalah 96% dengan kriteria sangat baik. Hasil respon siswa dengan respon positif mendapatkan hasil rata-rata 89% dengan kriteria sangat layak. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari n- gain sebesar 0,66 dengan kriteria peningkatan sedang.
Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Peningkatan Hasil Belajar
This study aims to describe (1) the validity, (2) the practicality, and (3) describe the effectiveness of Macromedia Flash-based interactive multimedia learning media for human respiratory system materials in class VIII . This type of research is research and development (R&D). The research design used was one group pre-test post-test design. Data collection methods used in this study were observation, tests and questionnaires. The instruments developed included media validation sheets, observations of learning implementation sheets, student response questionnaire sheets, cognitive learning outcomes test sheets. The results showed that the results of media validation gained a percentage of 71.76% with reasonable criteria. The results of the implementation of learning to get the results of the average percentage of the total meeting 1 and meeting 2 is 96% with very good criteria. Results of responses of students with positive responses get an average of 89% with very decent criteria. Improved student learning outcomes obtained from n-gain of
0.66 with the criteria of moderate improvement.
Keywords: Interactive Learning Multimedia, Improved Learning Outcomes