PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL ON STUDENTS ACTIVITY AND ANALYTICAL SKILLS IN SOCIAL STUDIES PROJECT
ABSTRAK
Pramiftasari, Andita Nella. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Aktivitas dan Kemampuan Analisis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd dan (II) Dr. Harmanto, M.Pd.
Kata Kunci : Model pembelajaran berbasis masalah, aktivitas siswa, kemampuan analisis, IPS
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap aktivitas siswa kelas IV Sekolah Dasar dan menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan analisis siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah menuntut siswa untuk aktif bekerja sama dan menganalisis permasalahan yang dikaji sehingga secara teoretis penerapan model ini berpengaruh terhadap aktivitas dan kemampuan analisis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitan eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tawangsari 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data melalui lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes kemampuan analisis siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t. Dalam hal ini uji t dilakukan dua kali, pertama, untuk mengetahui kondisi awal dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan kedua untuk mengetahui kondisi setelah diberi perlakuan.
Hasil analisis uji t aktivitas dan kemampuan analisis siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan (nilai thitung 1,229 < ttabel 2,011 dan nilai sig. 2 tailed 0,233 > 0,05 aktivitas; thitung 0,164 < ttabel 2,011 dan nilai sig. 2 tailed 0,871 > 0,05 kemampuan analisis). Sedang hasil uji t setelah diberi perlakuan menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (nilai thitung 3,689 > ttabel 2,011 dan nilai sig. 2 tailed 0,001 < 0,05 aktivitas; thitung 2,558 > ttabel 2,011 dan nilai sig. 2 tailed 0,015 < 0,05 kemampuan analisis). Pada penelitian ini, perlakuan merupakan satu-satunya pembeda antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah tehadap aktivitas dan kemampuan analisis siswa. Bagi guru yang menghadapi masalah rendahnya aktivitas dan kemampuan analisis siswa disarankan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.
ABSTRACT
Pramiftasari, Andita Nella. 2020. Effect of Problem Based Learnig Model on Students Activity and Analytical Skills in Social Studies Project. Thesis. Study Program of Primary Education, Postgraduate, State University of Surabaya. Advisor: (I) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd. and (II) Dr. Harmanto, M.Pd.
Keywodrs : problem based learning model, student activities, analytical skill, social studies
This study aims to examine the effect of problem-based learning models on the activities of fourth grade elementary school students and analyze the effect of problem-based learning models on the analytical skills of fourth grade elementary school students. Implementation of problem-based learning models requires students to actively work together and analyze the problems being studied so that theoretically the application of this model affects the activities and ability of student analysis.
This research is an experimental research design with pretest posttest control group design. The subjects of this study were fourth grade students at SDN Tawangsari 1 Sidoarjo. Data collection techniques through observation of student activity sheets and tests of student analysis skills. The analysis technique used is the t test. In this case the t test was carried out twice, first, to find out the initial conditions of the experimental group and the control group and second to find out the conditions after being treated.
The results of the t test activity analysis and the students' analytical skills between the control class and the experimental class before being treated showed no significant difference (tcount 1.222 < ttable 2.011 and sig. 2 tailed value 0.233 > 0.05 student activity; tcount 0.164 < ttable 2.011 and the value of sig.2 tailed 0.871 > 0.05 analytical skills). While the results of the t test after being treated showed that there were significant differences between the experimental group and the control group (tcount 3.689 > ttable 2.011 and sig value 2 tailed 0.001 < 0.05 student activity; tcount 2.558 > ttable 2.011 and sig. 2 tailed value 0.015 < 0.05 analytical skills). In this study, treatment is the only differentiator between the experimental group and the control group, so it can be concluded that there is an effect of the application of problem-based learning models to the students' activity and analytical skills. For teachers who face the problem of low activity and analytical skills students are advised to use problem-based learning models.