Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
MODUL PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA KONSTRUKSI KOMPETENSI MEMBUAT MACAM-MACAM POLA ROK SESUAI DESAIN
Kode Dokumen
:
0043/FT-BUS/2021
Penulis Utama
:
MAYA LAURENT N.LR
NIM Penulis Utama
:
16050404046
Tahun
:
2021
Judul ID
:
MODUL PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA KONSTRUKSI KOMPETENSI MEMBUAT MACAM-MACAM POLA ROK SESUAI DESAIN
Judul EN
:
LEARNING MODULE OF MAKING CONSTRUCTION PATTERNS BASED ON COMPETENCY OF MAKING KINDS OF SKIRT PATTERNS ACCORDING TO DESIGN
Sumber
:
UNESA - Fakultas Teknik - Jurusan S1 Pendidikan Tata Busana - 16050404046 - 2021
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
ABSTRAK
—
Mata pelajaran pembuatan pola konstruksi dengan kompetensi membuat macam-macam pola rok sesuai desain merupakan mata pelajaran produktif yang menuntut siswa menguasai dan mengembangkan keterampilan serta pengetahuan.
Permasalahan yang dialami oleh siswa yakni tidak dapat memahami materi dengan baik, sehingga siswa mendapatkan nilai dibawah batas nilai rata ata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Materi pembelajaran dapat disampaikan dengan baik apabila pendidik dapat menggunakan dan menerapkan media pembelajaran dengan baik dan tepat. Media pembelajaran yang baik dapat membantu siswa dalam menguasai dan mengembangkan keterampilan serta pengetahuan. Media yang dapat digunakan yaitu media modul pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk:
1
.
Mengetahui langkah – langkah pembuatan modul pembelajaran pembuatan pola konstruksi, kompetensi membuat macam-macam pola rok sesuai desain,
2.
Mengetahui penggunaan modul pembelajaran pada pembuatan pola konstruks
i kompetensi membuat
macam-macam pola rok sesuai desain
.
Hasil studi literatur menjelaskan bahwa 1. langkah – langkah dalam pembuatan modul pembelajaran pembuatan pola konstruksi kompetensi membuat macam-macam pola rok sesuai desain antara lain : pertama pendahuluan, kedua bagian inti/utama, dan ketiga penutup yaitu kesimpulan. 2. Modul dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran pada pembuatan pola konstruksi kompetensi membuat macam-macam pola rok sesuai desain berdasarkan kelebihan dan manfaat bagi peserta didik maupun pendidik
.
Kata Kunci
:
kompetensi, modul pembelajaran, pola konstruksi, pola rok
.
Abstrak EN
:
ABSTRACT
— The subject of making construction patterns with the competence to make various patterns of skirts according to design is a productive subject that requires students to master and develop skills and knowledge. The problem experienced by students is that they cannot understand the material well, so that students get scores below the average value of the Minimum Completeness Criteria (KKM). Learning materials can be delivered properly if educators can use and apply learning media properly and appropriately. Good learning media can help students master and develop skills and knowledge. The media that can be used is the learning module media. This study aims to: 1. Know the steps of making learning modules for making construction patterns, competence in making various patterns of skirts according to design, 2. Knowing the use of learning modules in making construction patterns, competence in making various patterns of skirts according to design. The results of the literature study explain that 1. the steps in making the learning module for making competency construction patterns make various skirt patterns according to design, including: first introduction, second main part, and third conclusion, namely conclusion. 2. The module can be used as a medium in learning to make patterns of competency construction to make various skirt patterns according to designs based on the advantages and benefits for students and educators.
Keywords:
competency, learning module, construction pattern, skirt pattern.
Tautan Artikel
File Abstrak
File Lampiran