PENERAPAN KONSELING KELOMPOK LATIHAN ASERTIF PADA SISWA KORBAN BULLYING DI SMPN 34 SURABAYA
THE APPLICATION OF ASSERTIVE TRAINING GROUP COUNSELING TO STUDENTS OF BULLYING VICTIMS AT SMPN 34 SURABAYA
Bullying adalah suatu perilaku negative yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk mneyakiti orang lain dengan persaan senang dan dilakukan secara berulang – ulang sehingga korban merasa tertekan dan tidak berdaya. Seseorang yang cenderung menjadi korban bullying salah satunya adalah karena memiliki sikap asertif yang rendah. Fenomena yang terjadi di lapangan yang mengarah pada terjadinya kasus bullying pada siswa perlu adanya peran serta berbagai pihak terutama guru BK untuk membantu siswa yang menjadi korban bullying agar dapat berperilaku lebih asertif dengan menggunakan teknik latihan asertif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas konseling kelompok latihan asertif untuk meningkatkan asertivitas siswa korban bullying kelas VIII SMPN 34 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre experiment dengan rancangan penelitian yaitu one group pre test – post test, metode pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis penelitian ini yaitu uji statistic non parametik menggunakan uji Wilcoxon. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa dari kelas VIII yang menjadi korban bullying dan memperoleh hasil pretest termasuk kategori yang memiliki sikap asertif rendah.
Berdasarkan hasil analisis test statistic uji Wilcoxon di ketahui asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,043, karena nilai 0,043 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Artinya terdapat peningkatan asertif siswa korban bullying di SMPN 34 Surabaya setelah diberikan konseling kelompok Latihan Asertif.
Kata kunci : Konseling Kelompok, Latihan Asertif, Perilaku Asertif, Bullying
Bullying is a negative behavior done by a person or group to hurt others they did it happily and continuously so that the victim feels depressed and helpless. One of the reasons why someone tends to be a victim of bullying is because of their low assertiveness. The phenomenon occurring in the field showed that the cases lead to bullying in students need the participation of various parties, especially counselling teachers to help students who become the victims of bullying behave more assertively by using assertive training techniques. The purpose of this study was to examine the effectiveness of assertive training group counseling to improve the assertiveness of eighth (VIII) grade students as bullying victims at SMPN 34 Surabaya. This research is pre-experimental research type and used one group pre-test - post test research design, data collection methods used was questionnaire. The data analysis technique of this research is non-parametric statistical tests using the Wilcoxon test. The subjects of this study were 5 students from class VIII who were the victims of bullying and the pretest results belonged to the category that had a low assertiveness.
Based on the results of the statistical analysis of the Wilcoxon test it is known that the Asymp. Sig (2-tailed) is 0.043, because the value is 0.043 <0.05, it can be concluded that H1 is accepted. This means that the assertiveness of students as bullying victims increases after being given assertive training in group counselling.
Keywords: Counseling Groups, Assertive Training, Assertive Behavior, Bullying