Pembelajaran menggambar poster digital dengan aplikasi Canva di SMA Negeri 7 Surabaya
Di tengah masa darurat Covid-19, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia (Kemendikbudristek) mengeluarkan ketetapan baru dalam Seni Rupa, yakni RPP Seni Budaya dengan nama “Studysaster” yang berisikan materi menggambar poster. Dalam hal ini peneliti mencoba mengembangkan pembelajaran poster yang sebelumnya masih menggunakan cara manual menjadi digital dengan bantuan aplikasi Canva. Peneliti memfokuskan masalah tentang bagaimana proses serta hasil pembelajaran menggambar poster digital yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses serta hasil analisis karya poster digital dengan memanfaatkan aplikasi Canva sebagai media berkaryanya. Penelitian ini diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan, mendorong inovasi program pembelajaran yang diharapkan menjadi bekal terhadap kemajuan zaman dalam bidang pendidikan seni khususnya seni rupa, serta memberi pengalaman kepada peserta didik dalam berkarya seni. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian dilangsungkan di SMA Negeri 7 Surabaya dengan siswa kelas XI-2 sebagai subyek dan hasil karya poster sebagai objek penelitian. Hasil dari penelitian meliputi dokumentasi dari proses pembelajaran serta 34 poster digital hasil karya siswa yang mendapatkan presentase nilai sebesar 22,8% (Sangat baik), 51,4% (Baik), 14,2% (Cukup baik), dan 11,4% (Cukup). Terdapat 50% siswa yang mendapatkan nilai diatas predikat “Baik” dan hal ini menjadi acuan keberhasilan atas penelitian yang dilakukan.
Amid the Covid-19 emergency situation, the Indonesian Ministry of Education, Culture, Research, and Technology (Kemendikbudristek) has issued a new regulation in Visual Art, which is the Art and Culture lesson plan called “Studysaster” that contains materials for drawing posters. In this study, the researcher attempted to develop the learning process of making posters that were previously done manually to digitally with the help of the Canva application. The researcher focused on the issue of how the process and the results of the digital poster drawing lesson. This study aimed to describe the process and the result analysis of the digital poster artworks that utilized Canva as its medium. This study is expected to broaden the knowledge and insight on Visual Arts; encourage innovations in learning programs as a provision in facing technological advances in Art Education, especially in Visual Art; and provide a meaningful experience for students in creating artwork. This study was conducted using the descriptive qualitative method. This study was carried out in Senior High School State 7 of Surabaya (SMAN 7 Surabaya) with class XI-2 students as the subject of the research and the posters artwork as the object of the research. The result of this study comprises the documentation of the learning process and 34 students’ digital posters with score percentages of 22,8% (Very Good); 51,4% (Good); 14,2% (Quite Fair); and 11,4% (Fair). There were 50% of students that achieved scores above the predicate “Good,” and it became the indicators that this research was successful.