Keterampilan vokasional penting bagi siswa tunanetra karena nantinya individu akan siap untuk hidup ditengah-tengah masyarakat. Keterampilan vokasional yang sudah ada seperti meronce kebanyakan memiliki nilai jual yang kurang pasti dan penjualannya hanya saat ada event besar. Sedangkan untuk menyambung hidup saat peserta didik sudah lulus mereka membutuhkan penghasilan yang dapat dijual setiap hari dan dibutuhkan orang setiap hari.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan dari segi kevalidan tutorial tanaman buah dan sayur dalam pot menggunakan aplikasi Google Drive berorientasi JAWS untuk Keterampilan vokasional anak tunanetra. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan Reseach and Development (R&D) dengan pengembangan model Dick and Carey. Hasil penelitian Diperoleh nilai validasi meliputi: (1). Produk tutorial tambulampot yang dapat diakses di laman https://drive.google.com/file/d/1UAylh_FZ4UzFxUefoJaJjvZQ6B-fNK9R/view?usp=drivesdk (2) produk tutorial dinyatakan layak dengan katagori sangat baik sampai baik dengan (a) nilai dari aspek validasi ahli desain atau media 82,1 %. (b). Nilai dari aspek validasi ahli materi 93 %. (c). Nilai dari aspek ahli Pendidikan Luar Biasa 82 %. Dapat disimpulkan bahwa Tutorial tanaman buah dan sayur dalam pot menggunakan aplikasi Google Drive berorientasi JAWS untuk keterampilan vokasional anak tunanetra layak untuk digunakan dengan kategori sangat baik.
Vocational skills are important for blind students because later individuals will be ready to live in the midst of society. Existing vocational skills such as meronce mostly have an uncertain sale value and sell only when there is a big event. Meanwhile, to make a living when students have graduated they need income that can be sold every day and needed by people every day.
This study aims to test the feasibility in terms of the validity of the tutorial of fruit and vegetable plants in pots using the JAWS-oriented Google Drive application for the vocational skills of blind children. This research method uses the Reseach and Development (R&D) approach with the development of the Dick and Carey model. Research results Obtained validation values include: (1). Tambampotot tutorial products that can be accessed on the page https://drive.google.com/file/d/1UAylh_FZ4UzFxUefoJaJjvZQ6B-fNK9R/view?usp=drivesdk This study aims to test the feasibility in terms of the validity of the tutorial of fruit and vegetable plants in pots using the JAWS-oriented Google Drive application for the vocational skills of blind children. This research method uses the Reseach and Development (R&D) approach with the development of the Dick and Carey model. Research results Obtained validation values include: (1). Tambampotot tutorial products that can be accessed on the page