GAYA BERPIDATO PERSUASIF PADA TOKOH UTAMA HARUNA TSUBAME [春菜ツバメ] DALAM DRAMA GAKKOU NO KAIDAN [学校の階段]
KARYA TOMOKO YOSHIDA
Nama Mahasiswa : Fitrah Ruhul Islami A.P
NIM : 13020104049
Prodi : S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Jurusan : Bahasa dan Sastra Jepang
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Ina Ika Pratita, M.Hum
Tahun : 2019
Kata Kunci:
Gaya Bahasa, Pidato Persuasif, Strategi Persuasi
Bahasa merupakan alat komunikasi dan interaksi yang hanya dimiliki oleh manusia. Oleh karena itu dalam penyampaiannya, manusia perlu memilah dan mengolah kepada siapa dan dengan tujuan apa komunikasi tersebut dilakukan. Jika komunikasi tersebut dilakukan kepada khalayak ramai, tentu saja berpidato merupakan sarana yang tepat dalam berkomunikasi. Pidato itu sendiri dipilah berdasarkan tujuan tujuannya, dimana jika pidato tersebut bertujuan mempengaruhi khalayak ramai, maka pidato persuasiflah yang semestinya digunakan. Pidato persuasif itu sendiri tidak dapat menarik minat pendengar apabila tidak didukung dengan gaya bahasa dan strategi yang sesuai dengan tujuan pidato tersebut. Karena itu penelitian ini bertujuan :
1. Mendeskripsikan bentuk penyiasatan struktur gaya berpidato persuasif Haruna Tsubame dalam Drama Gakkou no kaidan.
2. Mendeskripsikan tujuan dari gaya berpidato persuasif Haruna Tsubame dalam Drama Gakkou no kaidan.
3. Mendeskripsikan strategi dari gaya berpidato persuasif Haruna Tsubame dalam Drama Gakkou no kaidan.
Permasalahan pertama dianalisis dengan menggunakan teori Gaya Bahasa milik Seto (2003:200-205). Sedangkan pemasalahan kedua dianalisis menggunakan teori tujuan berpidato milik Keraf (1989:321). Dan permasalahan ketiga menggunakan teori teknik persuasi milik Keraf (2000:124-131).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif, sehingga data dijabarkan dalam bentuk deskripsi. Data diperoleh dari sumber data Drama Gakkou no Kaidan episode 1 sampai 5 dengan data yang berupa penggalan pidato persuasif yang mengandung bentuk penyiasatan struktur, tujuan pidato persuasif, dan teknik persuasi pilihan peneliti. Hasil yang telah diperoleh adalah sebagai berikut:
1. Peneliti menemukan bentuk penyiasatan struktur berupa 7 bentuk Pertanyaan retoris, 7 bentuk Antitesis, 4 bentuk Klimaks.
2. Tedapat 5 tujuan berpidato didalamnya yakni 2 tujuan Mendorong, 3 tujuan meyakinkan, 2 tujuan berbuat/bertindak, 2 tujuan memberitahukan, 1 tujuan menghibur.
3. Strategi persuasi yang digunakan penutur terdapat 7 buah yakni 2 teknik rasionalisasi, 2 teknik identifikasi, 3 teknik sugesti, 2 teknik konformitas, 2 teknik kompensasi, 2 teknik penggantian, dan 2 teknik proyeksi.
ABSTRACT
THE MAIN CHARACTER HARUNA TSUBAME’S [春菜ツバメ] PERSUASIVE SPEECH IN DRAMA
GAKKOU NO KAIDAN [学校の階段]
BY TOMOKO YOSHIDA
Style, Persuasive Speech, Persuasive Strategy
Language is communication and interaction that only humans have. Therefore, in its delivery, humans need to sort out and process to whom and with what purpose the communication is carried out. If the communication is carried out to the general public, of course speaking is the right means of communication. The speech itself is sorted according to the purpose of the goal, where if the speech aims to influence the public, then persuasive speech is what should be used. Persuasive speech itself cannot attract the interest of listeners if it is not supported by the style of language and strategies that are suitable for the purpose of the speech. Therefore this study aims:
1. Describe the form of structure of Haruna Tsubame's persuasive speech style in Drama Gakkou no kaidan.
2. Describe the purpose of Haruna Tsubame's persuasive speech style in Drama Gakkou no kaidan.
3. Describe the strategy of Haruna Tsubame's persuasive speech style in Drama Gakkou no kaidan.
The first problem was analyzed using Seto's Language Style theory (2003: 200-205). While the second problem was analyzed using the objective theory of speech by Keraf (1989: 321). And the third problem uses persuasive technique theory owned by Keraf (2000: 124-131).
This study uses a qualitative descriptive analysis research method, so that the data is described in the form of a description. Data obtained from data sources from Drama Gakkou no Kaidan episodes 1 to 5 with data in the form of persuasive speech fragments containing forms of structural adjustment, persuasive speech objectives, and researchers' persuasion techniques. The results that have been obtained are as follows:
1. The researcher found a form of structural adjustment in the form of 7 forms of rhetorical questions, 7 forms of antithesis, 4 forms of climax.
2. There are 5 goals to give a speech in it, namely 2 goals Encouraging, 3 convincing goals, 2 goals to do / act, 2 goals to tell, 1 entertaining goal.
3. The persuasion strategy used by speakers is 7 pieces, namely 2 rationalization techniques, 2 identification techniques, 3 suggestion techniques, 2 conformity techniques, 2 compensation techniques, 2 replacement techniques, and 2 projection techniques.