PENGGUNAAN TEKS BAHASA INGGRIS UNTUK MENGEMBANGKAN UKURAN KOSAKATA MAHASISWA
THE USE OF ENGLISH CAPTION TO DEVELOP COLLEGE STUDENTS' VOCABULARY SIZE
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan preferensi siswa, dan untuk membandingkan skor ukuran kosakata antara mahasiswa yang menonton film dengan dan tanpa teks bahasa Inggris, dan untuk mendeskripsikan manfaat menonton film dengan dan tanpa teks bahasa Inggris berdasarkan pilihan dan opini siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 42 mahasiswa yang kemudian dibagi menjadi yang biasanya menonton film dengan dan tanpa teks bahasa Inggris. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah angket terbuka dan tes online. Data dari angket terbuka dianalisis secara kualitatif sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta biasanya menonton film dengan teks bahasa Inggris. Ada perbedaan skor yang signifikan antara kelompok siswa yang menonton film dengan dan tanpa teks bahasa Inggris karena signifikansi tes 0,042 dan 0,046 lebih rendah dari 0,05. Manfaat menonton film dengan teks bahasa Inggris adalah mendapatkan kosakata baru, meningkatkan pengucapan, melatih keterampilan mendengarkan, dan lebih mudah memahami film. Manfaat menonton film tanpa teks bahasa Inggris adalah memahami film, semakin mudah dibaca, mengetahui makna langsung kosakata, menikmati film dan mendapatkan kosakata baru.
The purpose of this study is to describe students’ preference, and compare the vocabulary size score between college students who watch movie with and without English caption, and describe the benefit of watching movie with and without English caption based on students’ preference and opinion. This research used both quantitative and qualitative methods. The subject of this study were 42 college students which then divided into who usually watch movie with and without English caption. The research instruments in this study were open-ended questionnaire and online test. The data from open-ended questionnaire were analyzed qualitatively while the quantitative data were analyzed using t-test. The results showed that most of the participants usually watch movie with English caption. There was significant score differences between group of students who watch movie with and without English caption because the significant of the test were .042 and .046 lower than .05. Benefits of watching movie with English caption were gaining new vocabulary, improving their pronunciation, training their listening skill, and getting easier to understand the movie. Benefits of watching movie without English caption were understanding the movie, getting easier to read, knowing the direct meaning of vocabulary, enjoying the movie, and gaining new vocabulary.