Keefektifan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah (studi kasus di SDN Kalijudan I 239 Surabaya)
Principal's leadership effectiveness in developing school culture (case study at SDN Kalijudan I 239 Surabaya)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku kepala sekolah dalam mengembangkan
budaya sekolah di SDN Kalijudan I 239 Surabaya dengan melihat sebagaimana dampak yang
dihasilkan dari kepemimpinan yang mampu berpengaruh pada budaya sekolah maupun
pendidikan karakter warga sekolah. Dengan berteguh prinsip pada visi misi dan tujuan
sekolah maka keberhasilan pendidikan karakter sangat utama dalam mewujudkan budaya
sekolah yang kondusif. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian terbagi
menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data
yang digunakan yaitu pengumpulan data, Kondensasi data, penyajian data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah memiliki dampak positif bagi
warga sekolah, salah satunya adalah dengan menjadikan budaya sekolah sebagai suatu
keunggulan yang berbeda dari yang lain. Dengan peningkatan karakter pendidikan yang
stabil menjadikan warga sekolah mampu mengimplementasikan budaya sekolah yang
kondusif. Dibalik kekondusifan budaya sekolah tersebut terdapat beberapa upaya yang
dilakukan kepala sekolah untuk mengembangkan budaya sekolah tersebut yaitu dengan
meningkatkan pendidikan karakter warga sekolah yang salah satunya adalah dengan
menerapkan program pemerintah kota surabaya yakni (SAS) Sekolah'e Arek Suroboyo. Pada
dasarnya (SAS) Sekolah'e Arek Suroboyo dirancang untuk meningkatkan pendidikan
karakter warga sekolah dengan menerapkan berbagai tema tema yang terkandung dalam
(SAS) Sekolah'e Arek Suroboyo
This research aims to determine the behavior of the principal in developing school culture at
SDN Kalijudan I 239 Surabaya by looking at the impact resulting from leadership which is
able to influence school culture and the character education of school residents. By adhering
to the principles of the school's vision, mission and goal, the success of character education
is very important in creating a conducive school culture. This research uses a descriptive
qualitative research method with a case study approach. The data used in research is divided
into two, namely primary data and secondary data. Data collection techniques used in
research are observation, interview and documentation. The data analysis techniques used
are data collection, data condensation, data presentation. The results of the research show
that the influence of the principal's leadership has a positive impact on the school community,
one of which is by making the school culture an advantage that is different from others. By
improving the stable character of education, school residents are able to implement a
conducive school culture. Behind the conducive school culture, there are several efforts made
by the school principal to develop the school culture, namely by improving the character
education of the school community, which is implementing the Surabaya city government
program, namely (SAS) Sekolah'e Arek Suroboyo. Basically, (SAS) Sekolah'e Arek
Suroboyo is designed to improve the character education of school residents by applying
various themes contained in (SAS) Sekolah'e Arek Suroboyo.