ABSTRAK
KEEFEKTIFAN METODE SUGESTOPEDIA BERMEDIA LAGU RELIGI PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KREATIF SISWA KELAS X SMAS MANBAIL HUDA JENU-TUBAN
Nama : Yuli Ratnasari
NIM : 15020074084
Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan : Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Trinil Turistiani, M.Pd
Tahun : 2019
Kata Kunci : Metode Sugestopedia, Lagu Religi, Pembelajaran Menulis Puisi Kreatif
Pada proses pembelajaran terdapat metode sebagai strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yakni, siswa mampu menguasai dan memahami materi yang telah diajarkan. Metode konvensional ceramah dirasa membosankan bagi siswa. Untuk meningkatkan kemampuan dan semangat belajar siswa perlu adanya variasi dalam penggunaan metode. Metode tersebut adalah metode sugestopedia bermedia lagu religi digunakan dalam pembelajaran menulis puisi kreatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektivan metode sugestopedia bermedia lagu religi pada kemampuan menulis puisi kreatif siswa kelas X SMA Manbail Huda. Jenis penelitian yang digunakan True Experiment dengan desain control group experimen. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA sebagai kelas kontrol dan X IPS sebagau kelas eksperimen karena di sekolah ini pada masing-masing tingkatan kelas hanya terdiri dari dua kelas saja. Penyebabnya adalah jumlah siswa di sekolah ini sedikit sehingga tidak mungkin dilakukan pembagian kelas lebih banyak lagi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Sugestopedia bermedia lagu religi pada kemampuan menulis puisi kreatif berjalan efektif. Hal itu dapat dibuktikan dengan hasil persentase aktivitas siswa kelas kontrol 75% dan aktivitas guru 77,5%, sedangkan persentase aktivitas siswa kelas eksperimen 86,3% dan aktivitas guru 90%. Hasil belajar siswa menggunakan metode Sugestopedia bermedia lagu religi mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan metode ceramah. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kenaikaan nilai rata-rata kelas eksperimen dari 58 ke 73 dengan selisih 15 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata rata dari 52 ke 61 dengan selisih 9. Selain itu, hasil hitung t menunjukan lebih besar dari yaitu (6) yang membuktikan bahwa metode ugestopedia bermedia lagu religi efektif diterapkan pada pembelajaran menulis puisi kreatif. Selanjutnya hasil respon siswa sangat baik teradap penggunaan metode Sugestopedia bermedia lagu religi saat pembelajaran menulis puisi kreatif. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan persentase siswa yang menjawab “Ya” sebanyak 95,92% dan yang menjawab “Tidak” sebanyak 4,07%.
ABSTRACT
THE EFFECTIVENESS OF SUGESTOPEDIA METHODS WITH RELIGION SONG MEDIA IN CREATIVE POETRY WRITING LEARNING
CLASS X STUDENTS MANBAIL HUDA JENU-TUBAN
Name : Yuli Ratnasari
Study Program : Indonesian Language and Literature Education
Department : Indonesian Language and Literature Education
Faculty : Art and Language Faculty
Name Of Institution : State University Of Surabaya
Advisor : Dra. Trinil Turistiani, M.Pd.
Year : 2019
Key Word : Sugestopedia Methods, Religion Song Media, Creative Poetry Writing Learning.
In the learning process there are methods as learning strategies carried out by the teacher. It is intended to achieve the learning objectives, namely, students are able to master and understand the material that has been taught. The conventional method of lecturing is boring for students. To improve students' learning abilities and enthusiasm, variations in method use are needed. The method is the suggestopedia method of religious song media used in learning to write creative poetry.
This research aims to determine and describe the effectiveness of suggestopedia method use religious song media on the ability to write creative poetry in grade X students of Manbail Huda High School. The type of this research used is True Experiment with experimental group control design. The sample of this study was class X IPA as the control class and X IPS as the experimental class. Data collection techniques used in this study were observation, tests, and questionnaires.
The results showed that the application of the Suggestopedia method use religious songs media on the ability to write creative poetry works effective. This can be proven by the results of the percentage of student activity in the control class 75% and teacher activity 77.5%, while the percentage of student activity in the experimental class is 86.3% and teacher activity is 90%. Student learning outcomes using the Suggestopedia method of religious song media have experienced a significant increase compared to the lecture method. This can be proved by the fact that the average value of the experimental class from 58 to 73 with a difference of 15 is higher than that of the control class with an average value of 52 to 61 by a difference of 9. In addition, the results of the t calculation show that the t-count is greater than 〖ts〗 Namely (6≥2.66) which proves that the Suggestopedia method of religious song media is effectively applied to learning to write creative poetry.. Furthermore, the results of student responses were very good towards the use of the Suggestopedia method of religious songs media while learning to write creative poetry. This can be proven by the percentage of students who answered "Yes" as much as 95.92% and those who answered "No" as much as 4.07%.