Abstrak
Media prototype merupakan perwujudan fisik dari suatu produk seperti sampel, model, atau contoh untuk membantu membuat, mengeksplorasi, menjelaskan, menguji, menganalisis item yang sedang dirancang, dan digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui bagaimana keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media prototype pembuatan belahan manset dan saku tempel, 2) mengetahui hasil belajar siswa ranah psikomotor, dan 3) mengetahui respon siswa terhadap penerapan media prototype pembuatan belahan manset dan saku tempel kompetensi membuat kemeja siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini merupakan pre-eksperimental design, desain penelitian berupa one-shot case study yaitu satu kelompok yang diberi perlakuan selanjutnya di observasi. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajar 2019/2020. Subjek dari penelitian yaitu 30 siswa tata busana kelas XI 2 SMK Negeri 2 Blitar . Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini : 1) keterlaksanaan pembelajaran pada kompetensi membuat kemeja dengan menerapkan prototype pembuatan belahan manset dan saku tempel dengan nilai rata-rata 3,2 dapat terlaksana dengan baik , 2) hasil belajar siswa pada kompetensi membuat kemeja dengan menerapkan prototype pembuatan belahan manset dan saku tempel melalui uji kinerja memperoleh ketuntasan belajar 100% baik individu maupun klasikal, dan 3) respon siswa terhadap penerapan media prototype langkah kerja pembuatan belahan manset dan saku tempel pada kompetensi membuat kemeja memperoleh hasil presentase sangat baik yaitu 92,7%.
Kata Kunci : Media prototype, belahan manset, saku tempel, kemeja.
Abstract
Prototype media is physical form embodiment such as samples, models, or examples to help create, explore, explain, test, analyze designed items, and used as learning media. This study aims to: 1) determine the learning feasibility using prototype media of sleeve placket and patch pocket , 2) determine the psychomotor students learning outcomes, and 3) determine students responses to the implementation of the making of sleeve placket and patch pockets prototype media in fashion design students’ shirts manufacture competence class XI SMK Negeri 2 Blitar. This study is a pre-experimental type with a one-shot case study research design, that is research design consisting one group given treatment which is then observed. This study was conducted in odd semester 2019/2020 school year. The subjects research are 30 students from class XI 2 of SMK Negeri 2 Blitar. Data collection methods are observation, test, and questionnaires. Data analysis techniques are using quantitative descriptive analysis. The results of this study: 1) the shirt manufacture competence practice by implementing the making of sleeve placket and patch pockets prototype with an average value of 3.2 can be implemented well, 2) students learning outcomes on shirt manufacture competence by implementing the making of sleeve placket and patch pockets prototype through performance test obtains 100% mastery learning both individually or classically, and 3) students’ responses to the implementation of the making of sleeve placket and patch pockets in shirt manufacture competence obtain a very well percentage of 92.7%.
Key word : Prototype media, sleeve placket, patch pocket, shirt.