MISCONCEPTION PROFILE ON PHOTOSYNTHESIS BY USING FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST ON TWELVE GRADE STUDENT OF SENIOR HIGH SCHOOLÂ
Miskonsepsi merupakan suatu konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau dengan ahli atau pakar dalam bidang tersebut. Apabila miskonsepsi tidak segera diatasi maka dan terus disimpan dalam memori siswa, maka akan berdampak negatif pada penerimaan dan pemahaman konsep pada materi selanjutnya karena konsep – konsep dalam biologi saling berkaitan. Submateri fotosintesis merupakan salah satu materi dalam pembelajaran Biologi yang sering ditemukan adanya miskonsepsi. Konsep ini merupakan konsep yang kompleks dan abstrak sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahaminya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa pada submateri fotosintesis menggunakan four-tier diagnostic test. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif, yaitu membuat instrumen tes four-tier diagnostic test yang divalidasi oleh ahli, mengujikan soal, analisis hasil penelitian dengan menggunakan tabel kategori dan kriteria tingkat miskonsepsi, serta menarik kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 60 siswa yang telah mendapatkan materi fotosintesis. Data yang diperoleh melalui online dianalisis menggunakan tabel kriteria konsepsi siswa berdasarkan four-tier test. Hasil penelitian menunjukkan profil miskonsepsi siswa terdiri atas siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 45,5%, siswa paham konsep sebesar 28%, dan siswa yang belum paham konsep sebesar 26,5%. Didapatkan kriteria tingkat miskonsepsi pada siswa yaitu miskonsepsi tinggi sebesar 46,7%, miskonsepsi sedang sebesar 29,8%, dan miskonsepsi rendah sebesar 23,5%.
Kata Kunci: profil, miskonsepsi, fotosintesis, four-tier diagnostic test.
Misconception is a concept that is incompatible with scientific understanding or with experts in the field. If misconceptions are not immediately resolved, they will continue to be stored in the students' memory, it will have a negative impact on concept acceptance and understanding of the next material because concepts in biology are interrelated. Photosynthetic sub-material is one of the materials in Biology where misconceptions are often found. This concept is a complex and abstract so students have difficulty to understanding it. The purpose of this research is to describe the profile of students' misconceptions in the photosynthesis submission by using four-tier diagnostic test. This research is a descriptive evaluative research, which uses four-tier diagnostic test instrument that is validated by experts, testing questions, analyzing the results of the research by using category tables and criteria for the level of misconceptions, and make a conclusion. The subjects of this study were 60 students of class XII who had received photosynthesis material. The data obtained by online using google formulir were analyzed using a table of students' conception criteria based on four-tier test. The results showed that the profile of students' misconceptions consisted of students who experienced misconceptions which was 45.5%, students who understood the concept was 28%, and students who did not understand the concepts was 26.5%. The criteria for the level of misconception among students which high misconception was 46.7%, moderate misconception was 29.8%, and low misconception was 23.5%.
Keywords: profile, misconception, photosynthesis, four-tier diagnostic test.