DEVELOPMENT OF WEB-BASED LEARNING TO IMPROVE INDEPENDENCE AND LEARNING OUTCOMES IN INFORMATICS CLASS X HIGH SCHOOL
Ihwono, Rudi. 2021 Pengembangan Web Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Informatika Kelas X di Sekolah Menengah Atas. Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya Pembimbing (1) Dr. Andi Mariono, M.Pd (II) Dr. Utari Dewi, M.Pd. S.Sn.
Kata-kata Kunci Pengembangan pembelajaran Web Based Learning, Kemandirian belajar, Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Web Based Learning yang digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk meningatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Gresik.
Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian model pengembangan Borg and Gall yang telah mengadaptasi model pengembangan Dick & Carey (2015). Uji coba dilakukan dengan uji perorangan, uji kelompok kecil, uji kelompok besar. Uji validitas dilakukan untuk mengetahui tingkat ketepatan pengukuran melalui uji expert atau ahli untuk mengetahui tingkat kehandalan konstruksinya (construct validity) sedangkan untuk melihat kesahihan maka dilakukan uji validitas isi (content validity). Analisis uji validitas dan reliabilitas instrument dilakukan untuk mengetahui kehandalan instrument. Setelah instrument dinyatakan handal. selanjutnya instrument tes digunakan untuk pengukuran sebenarnya melalui pretest dan postest, dengan menggunakan Uji-t.
Hasil pengembangan layak digunakan dibuktikan dengan nilai prosentase dari uji perorangan 100%, uji kelompok kecil 99,69%, uji kelompok besar 99,51% Kemudian pengembangan ini efektif meningkatkan kemandirian belajar dibuktikan dengan hasil angket sebesar dengan rerata pada uji-t dari 35,40 dan tes kemandirian awal menjadi 42,63 tes kemandirian akhir pada kelas e dan dapat meningkatkan hasil belajar dibuktikan dengan pembelajaran dengan Web based learning sebesar 39,33 selanjutnya mengalami peningkatan rata-rata posttest hasil belajar setelah diberikan perlakuan dengan Web based learning sebesar 70,33 maka, terdapat perbedaan hasil belajar antara sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan web based learning berbasis moodle.
Ihwono, Rudi. 2023 Development of Web-Based Learning to Increase Independence and Learning Outcomes in Informatics Class X in High Schools Thesis, Educational Technology Studies Program, Postgraduate, State University of Surabaya Guide (1) Dr. Andi Mariono, M.Pd (II) Dr. Utari Dewi, M.Pd. S.Sn.
Keywords Web-based learning, independent learning, learning outcomes
This research aims to know the skills of Web-Based Learning as a learning material. The purpose of this is to enhance the independence and learning outcomes of students at Muhammadiyah 1 Gresik High School in Class X.
This research uses the Borg and Gall development’s model research procedure, which adapts the Dick and Carey development’s model. (2015). Tests are conducted individually, in small groups, or in large groups. In order to determine the degree of accuracy of measurement, experts perform validity tests or professionals determine the degree of reliability of construction (construct validity) while performing validity tests. (Content validity). Analysis of instrument validity and reliability testing determines instrument reliability. After the instrument is declared reliable, the test instrument is used for actual measurement through pre-test and post-test, using test-t.
Useful development results are demonstrated with the percentage value of the procrastination test: 100%, small group test 99.69%, large group test 99.51%. Then this development effectively improves learning independence as proven by the ratio on the test from 35:40 on the initial independence test to 42:63 on the final independence test in the experimental class. Improving the learning results proven by learning with web-based learning by 39:33; subsequently experiencing an increase in the average posttest learning outcomes after given treatment with web-based learning by 70:33; then, there is a difference in learning outcome between before and after learning with web-based learning based on Moodle.